ジャパネシアのオンライン学校

Hari ke-254 Internet di rumah mati (家のインターネットが消えた)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Minggu kemarin internet di rumah saya sempat mati. Kayanya sekitar 1 hari-an deh internetnya mati. Karena itu, saya coba kirim keluhan saya ke pihak provider. Terus pihak providernya kirim petugas untuk ngecek sambungan internet di rumah saya.

Setelah dicek ternyata ada kemungkinan modemnya harus diganti. Modemnya dapat gratis kok dari pihak provider. Sekarang ada sambungan 5Gnya lho. Walaupun gitu, di rumah nggak ada perangkat yang mendukung sambungan 5G, jadi percuma hehehe. 

Terus, kemarin saya sempat antar Najmah ke Pasar Mester di daerah Jatinegara. Pasar ini juga termasuk pasar yang terkenal di Jakarta lho. Sayang banget hari itu ujan, jadi saya nggak bisa jalan-jalan dengan leluasa. Waktu itu Najmah mau beli kebaya untuk tugas sekolahnya. Kami cari-cari kebaya di sana. Tokonya udah banyak yang tutup karena kami ke sana pas udah sore. Akhirnya kami nemu kebaya yang cocok. Harga atasan dan bawahan kebaya itu 210ribu. Kata istri saya sih mahal, tapi kalo kata saya sih segitu udah murah. Menurut kalian gimana?

Hari Sabtu minggu kemarin saya terpaksa ke kampus lagi lho. Maunya sih hari Sabtu itu kerja dari rumah, tapi kemarin ada acara di kampus. Tadinya saya diminta untuk presentasi, tapi ternyata rencananya tiba-tiba berubah. Akhirnya saya cuma nonton acara itu aja. Yang presentasi adalah atasan saya. Terus karena ada sedikit waktu luang, saya sempat wawancara beberapa peserta kegiatan. Salah satu peserta yang saya wawancarai adalah dekan Fakultas Teknik. Saya lumayan akrab dengan dia. Kalian coba cek hasil wawancaranya di sini ya. 

==========================

Baik terima kasih, perkenalkan diri dulu pak.

Oh ya. Saya pegang?

Saya pegang! Saya yang pegang!

Oh bapak pegang?

Ulangi lagi ya.

Ya.

Baik, terima kasih, silakan perkenalkan diri dulu pak.

Saya Ade Supriatna, dekan Fakultas Teknik. Dalam acara ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat

Jangan ke sana dulu. 

Oh gitu ya?

Saya, perkenalan diri dulu, nanti saya yang tanya pak.

Oh iya.

Sabar pak. Nggak sabaran dia nih. Saya yang harus sabar nih. Banyak istigfar ini.

Baik, terima kasih, silakan perkenalkan diri dulu pak.

Ya saya Ade Supriatna, dekan Fakultas Teknik yang membawahi 5 prodi pak.

Sip terima kasih pak Ade. Ini pertanyaan pertama pak. Ee, menurut bapak, kesan terhadap kegiatan kali ini tuh apa pak? 

Luar biasa ya. Saya merasa bangga bertemu dengan para pendidik generasi bangsa ya. Guru-guru BK se-Jabodetabek. Ini merupakan kebanggaan buat saya. Dan semoga ini bisa berlanjut terus.

Ok sip terima kasih pak Ade. Ini guru-guru yang berkaitan erat sama masa depan siswa-siswa SMA ya?

Bukan, bukan masa depan siswa, tapi masa depan bangsa pak.

Sip terima kasih pak Ade. Terus harapan pak Ade untuk kegiatan ini ke depannya gimana pak?

Ya mudah-mudahan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan terjalin kerja sama ya pak ya? Untuk membangun Indonesia emas. Terus berlanjut dan terus berinovasi.

Ok, sip terima kasih pak Ade atas komentarnya.

Sama-sama. Sama-sama.

==========================

覚えたい単語!
  • Mati: (ネットが)繋がっていない、消えている
  • Kayanya: どうも~ようだ
  • Keluhan: クレーム
  • Provider: プロバイダー
  • Sambungan: 接続
  • Mendukung: サポート
  • Percuma: 無駄
  • Leluasa: 余裕を持つこと
  • Atasan: 上着
  • Bawahan:
  • Berubah: 変わる
  • Waktu luang: 暇な時
  • Akrab: 仲がいい
  • Pegang: 握る
  • Ulangi: 撮りなおし
  • Nggak sabaran: Tidak bisa sabar: 我慢ができない
  • Istigfar: 神様の許しを願うお祈り
  • Kesan: 印象
  • Bangga: 誇りに思う

Harinya Japanesia完全版はこちら

2 COMMENTS

Yuka.t

Halo, Pak Hari. Saya senang Najhma dapat Kebaya baru. Memang harganya kebaya itu murah untuk ayah selalu kalau kata ibu itu mahal selalu. Hehehe.

返信する

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。