ジャパネシアの学校「JLC」という「ナゾ組織」について

Hari ke-255 Musim Jeruk(みかんのシーズン)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Minggu kemarin orang keturunan Tiongkok ngerayain tahun baru Imlek lho. Mungkin di Jepang juga sama ya. Kalau udah dekat dengan Imlek,

Jeruk jadi ada di mana-mana. Harganya juga jadi murah. Nah karena itu, akhir-akhir ini istri saya jadi sering beli jeruk. Kualitas dan rasa Jeruk waktu Imlek kayanya beda dari pada hari biasa. Terus kalau Imlek katanya sih jadi banyak hujan. Tapi ya sekarang emang lagi musim hujan sih hehehe. Hujan di masa Imlek itu katanya pertanda bagus.

Terus, kemarin saya sempat kehujanan waktu pulang naik sepeda. Waktu itu kan saya pernah cerita kalo saya beli fender sepeda. Nah fender itu kayanya nggak berfungsi dengan baik. Fender ini memang praktis soalnya bisa digulung jadi kecil kalau sedang nggak dipake, tapi karena kepraktisannya itu mungkin pengaruh ke fungsi utamanya. Harusnya fender ini bisa terpasang dengan kuat dan posisinya ada di tengah ban, tapi fendernya meleyot-meleyot nggak stabil. Musim hujan masih panjang, jadi kayanya saya harus cari solusi yang lain hehehe.

Kemarin di kampus saya ada beberapa kegiatan lagi. Nah biasanya kalau ada kegiatan, peserta yang hadir bakal dapat makanan ringan kaya gini. Orang Indonesia bilang ini dengan istilah “Snack”. Kalau di bahasa Jepang, kata “Snack” itu artinya bukan makanan ya hehehe. Mungkin ini salah satu budaya di Indonesia. Snack ini isinya kue dan minuman. Kuenya itu biasanya ada 3-4 jenis. Karena udah jadi budaya, kadang peserta suka kecewa kalau di kegiatan nggak ada snacknya. Kalo pengalaman kalian ikut kegiatan di Indonesia gimana? Pernah dapat snack kaya gini nggak?

覚えたい単語!
  • Orang keturunan Tiongkok: 中華系
  • Ngerayain/Merayakan: ~を祝う
  • Tahun baru Imlek: 旧正月
  • Pertanda: サイン
  • Fender: フェンダー
  • Digulung: 巻かれる
  • Meleyot-meleyot: ぐにゃぐにゃしている
  • Stabil: 安定している
  • Makanan ringan: 軽食
  • Kecewa: がっかりする

Harinya Japanesia完全版はこちら

2 COMMENTS

Yuka.t

Halo, Pak Hari. Iya, saya pernah dapat Snack kaya gini, selalu kalau ada kegiatan sekola, kegiatan guru juga siswa. Saya ingat bahwa isinya kue, roti, kerupuk terus air dalam wadah kecil. Selain snack kaya gini, guru dan siswa sering makan sesuatu di sekolah. Orang-orang, termasuk saya sendiri, menjadi gemuk di sekolah \^o^/

返信する
Hari Setiawan

Halo Yuka san, makasih komentarnya. Hahaha iya benar ya, kita bisa jadi gemuk kalo banyak kegiatan hehehe.

返信する

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。