入門者向け基礎から始める3か月学習プログラム

Hari ke-334 : Banyak kegiatan mahasiswa di kampus(キャンパスでたくさんの学生イベント)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Minggu kemarin mungkin minggu dengan kegiatan mahasiswa terbanyak. Pertama ada kegiatan ngobrol-ngobrol antara mahasiswa dengan Matsushita Institute. Di kegiatan ini mahasiswa yang belajar bahasa Jepang dapat kesempatan ngobrol dengan orang Jepang dari Matsushita Institute.

Tema pembicaraannya mengenai peran anak muda untuk memperkuat hubungan antara Jepang dan Indonesia. Di awal, mahasiswa bilang kalo temanya agak berat. Mereka khawatir nggak bisa imbangi pembicaraan orang Jepangnya. Tapi setelah ngobrol, kayanya mereka bisa-bisa aja.

Terus, kemarin ada acara kompetisi seni dan budaya Tionghoa juga di kampus. Kali ini acaranya diadain sama dosen dan mahasiswa dari program studi bahasa Mandarin. Di kompetisi itu ada macam-macam lomba. Ada lomba nyanyi lagu Mandarin, terus ada lomba baca puisi, dan lain-lain. Awalnya saya diminta untuk jadi juri lomba nyanyi, tapi saya tolak karena ada jadwal yang lain. Kalaupun saya jadi juri, saya ngerasa nggak mampu kasih nilai untuk orang nyanyi hehehe. Hari itu saya emang ada kerjaan yang lain, jadi cuma lihat sebentar aja. Pas di akhir kegiatan, saya sempat diminta untuk kasih hadiah ke para juara lomba nyanyi.

Nah pas kemarin lagi di jalan mau pulang, saya haus banget. Hari itu cuacanya panas. Pas lagi kepanasan dan kehausan, saya lihat tukang jualan Es Cendol. Cendol ini kayanya nenek moyangnya minuman boba deh hehehe. Soalnya Es Cendol ini udah ada dari zaman dulu lho. Zaman waktu belum ada minuman boba. Kalo di daerah Jawa Barat dan Jakarta, namanya Es Cendol, tapi kalo di Jawa Tengah dan Jawa Timur, namanya Es Dawet. Apa kalian ada yang pernah minum Es Cendol? Kemarin saya minum Es Cendol Durian. Rasanya enak banget! Biasanya kalo pulang saya nggak mampir ke mana-mana, tapi hari itu saya mampir ke tukang Es Cendol.

単語

Kegiatan: 活動、イベント

Terbanyak: 最多

Kesempatan: チャンス、機会

Ngobrol/Mengobrol: お喋りする

Peran: 役割

Memperkuat: 強化する

Imbangi/Mengimbangi: バランスを取る

Kompetisi: 大会

Tolak: 断る

Ngerasa/Merasa: 感じている

Emang/Memang: 本当に

Haus: 喉が渇いている

Kepanasan: 暑くて、大変な状況

Kehausan: 喉が渇いて、大変な状況

Minuman boba: タピオカドリンク

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。