入門者向け基礎から始める3か月学習プログラム

Hari ke-335 : Sebentar lagi 17-an(もうすぐ独立記念日)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Dari 2 minggu yang lalu, di jalan mulai muncul banyak penjual atribut perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Orang-orang di Indonesia suka hias jalan atau rumah mereka dengan atribut-atribut ini.

Kalo dulu, hiasannya paling cuma bendera aja. Ada yang kecil terus ada juga yang besar. Tapi sekarang jenis atribut atau hiasannya udah banyak. Ada lampion, ada aksesoris rambut, ada topi, dan lain-lain. Setiap daerah di Indonesia berlomba jadi daerah yang paling meriah waktu rayain hari kemerdekaan. Untuk kalian yang tinggal di Indonesia, di daerah tempat tinggal kalian ada hiasan apa saja?

Terus kemarin saya beli sate padang untuk istri. Di daerah tempat tinggal saya, sering lewat tukang sate padang kaya gini. Pas lewat mereka teriak kaya gini, “Satee Padang!” atau “Teee” gitu. Tapi kadang mereka jalan kecepetan, jadi pas saya cari mereka udah pergi jauh. Kemarin saya sampe lari ngejar tukang sate padang ini. Sate Padang beda dengan sate biasa. Kalau sate biasa pakai daging ayam atau kambing. Nah kalo sate padang pakai daging sapi. Selain dagingnya, tukang sate padang juga pake lidah atau jantung sapi juga lho. Terus bumbu kacangnya juga beda. Kalo sate padang, rasa bumbu kacangnya sedikit pedas ya.

Terus, minggu kemarin saya ada kerjaan di daerah Jakarta Utara. Pas pulang saya beliin istri nasi padang. Biasanya saya dan istri beli nasi padang di restoran yang biasa, tapi kali ini saya beli nasi padang di restoran padang yang terkenal. Nama restorannya adalah “Sederhana”. Restoran ini lumayan terkenal di Indonesia. Nama restorannya sederhana, tapi rasa dan harganya nggak sederhana hehehe. Hal yang paling menarik perhatian saya adalah hampir semua pelayannya orang Sunda. Mereka ngobrol pakai bahasa Sunda. Restoran padang, tapi isinya orang Sunda hehehe. Ngomong-ngomong, rumah makan padang di dekat rumah saya juga yang kelola orang Solo sih hehehe.

単語

Sebentar: ちょっと

17-an: 独立記念日のお祝い

Atribut: グッズ、用具

Hias: 飾る

Hiasan: 飾り

Meriah: 盛り上がっている

Rayain/Rayakan: ~を祝う

Lewat: ~を通る

Teriak: 叫ぶ

Kecepetan/Kecepatan: 早すぎる

Ngejar/Mengejar: 追いかける

Lidah: 舌

Jantung: 心臓

Kerjaan: 仕事、やること、作業

Sederhana: シンプル、素朴な

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。