未経験から始める3か月の独学学習教材

Hari ke-320 : Sibuk terus(ずっと忙しい)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Minggu kemarin banyak banget kegiatan di kampus. Ada ujian tengah semester, ada kegiatan akreditasi Program Studi Bahasa Inggris, ada kunjungan perusahaan Jepang, ada sesi sosiasliasi program magang, dan lain-lain.

Oh ya, program magangnya itu dari perusahaan besar di daerah Nagano. di program magang ini, mahasiswa bisa belajar kerja di bidang perhotelan. Selain penjelasan mengenai program magangnya, pihak perusahaan juga jelasin tentang jenis-jenis pekerjaan yang ada di hotel. Mahasiswa yang hadir ada 80 orang lebih lho. Mereka penasaran dengan programnya.

Terus kemarin saya putusin untuk beli jas. Saya beli jas karena ada kebutuhan di kerjaan. Pertama akhir-akhir ini saya sering terlibat di kegiatan akreditasi program studi. Pas proses akreditasi, ada asesor yang kunjungi program studi untuk konfirmasi data. Nah saya sebagai karyawan di fakultas harus keliatan rapi. Selain itu, kemarin ada sesi pemotretan untuk karyawan. Nah untuk karyawan fakultas harus pakai jas. Fotonya ini bakal dipake di website kampus dan lain-lain. Terakhir saya pake jas waktu acara wisuda tahun lalu. Itu juga jasnya pinjam ke teman kerja saya, hehehe. Ternyata pake jas itu emang enak ya. Keliatan lebih profesional. 

Mungkin ada sebagian dari kalian yang tahu, kalo kemarin saya adain sesi presentasi bahasa Jepang. Semester ini saya ngajar mata kuliah Presentasi Bahasa Jepang, terus sebagai ujian, saya minta ke mahasiswa untuk adain sesi presentasi. Saya minta mereka bagi tugas. Ada yang jadi presenter, pembawa acara, orang yang nanya, dan orang yang komentar. Terus, saya juga undang orang Jepang untuk datang ke sesi presentasi itu. Saya undang orang Jepang yang tinggal di sekitar Jakarta lewat websitenya Japanesia. Berkat bantuan Taiki, ada beberapa orang Jepang yang datang. Kebanyakan dari daerah Jakarta, tapi ada juga yang dari Bandung lho.

単語

Terus: ずっと
Ujian Tengah Semester: 中間試験
Akreditasi: 監査
Program Studi: 学科
Kunjungan: 訪問
Sesi Sosialisasi: 説明会
Magang: インターンシップ
Bidang perhotelan: ホテル業界
Penasaran: 気になる、気になっている
Putusin/Putuskan: 決める
Kebutuhan: 用
Kerjaan/pekerjaan: 仕事
Asesor: 監査人
Sesi pemotretan: 撮影会
Sesi presentasi: 発表会
Bagi tugas: 仕事を分担する
Presenter: 発表者
Pembawa acara: 司会者
Nanya/Bertanya: 質問する
Undang: 招待する、招く
Kebanyaan: ほとんど

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。