未経験者から始める3か月の動画学習コンテンツ

Hari ke-319 : Jakarta macet lagi(ジャカルタはまた渋滞)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Minggu kemarin Jakarta udah kembali jadi Jakarta yang biasa lagi. Macet dan penuh dengan orang.

Terus, abis lebaran, seperti biasa di kampus ada acara Halal Bihalal. Di acara ini, semua karyawan dan dosen kumpul, bersalaman, saling maaf-memaafkan, dan makan-makan. Seperti biasa, saya tiba-tiba ditunjuk jadi pembawa acara. Karena nggak ada persiapan, jadi saya lakuin sebisanya. Menu makan-makan hari itu adalah Tumpeng. Mungkin kalian sering lihat makanan ini di video Harinya Japanesia ya? Acaranya perayaan, jadi makanannya ya Tumpeng.

Terus, kemarin saya ikut acara Benkyoukai di kantor The Japan Foundation, Jakarta. Kali ini temanya adalah tentang “Bagaimana mengajarkan pelafalan bahasa Jepang”. Kali ini saya senang banget soalnya jumlah peserta Benkyoukai yang laki-laki bertambah. Orang yang kerja jadi pengajar bahasa Jepang kebanyakan perempuan, jadi bisanya peserta laki-laki yang ikut Benkyoukai cuma 3-4 orang, tapi kemarin peserta laki-lakinya ada sekitar 7-8 orang lho. Saya kenalan dengan beberapa peserta laki-laki. Ternyata mereka udah lumayan lama ngajar bahasa Jepang. Ada yang udah ngajar selama 5 tahun-an. Semoga mereka nggak pindah kerja ya. 

Di video kemarin ada yang tulis komentar tentang makanan ini. Makanan ini adalah makanan khas Cirebon. Namanya Tahu Gejrot. Kayanya di video sekitar 2 tahun yang lalu, saya juga pernah cerita tentang Tahu Gejrot. Namanya Tahu Gejrot soalnya Tahu yang dipotong-potong ini digejroti atau disirami dengan kuah yang dibuat dari kecap manis, gula merah, dan asam jawa. Selain kuah ini, biasanya orang Cirebon pakai irisan bawang merah dan cabe juga. Saya pernah makan Tahu Gejrot di Jakarta, tapi saya kaget soalnya Tahu Gejrot di Jakarta pakai bawang putih juga. Rasanya agak beda sih, tapi ya enak lah.

単語

Macet: 道が混雑している、渋滞している
Kumpul: 集まる
Bersalaman: 握手し合う
Saling: お互いに
Maaf-memaafkan: 許し合う
Ditunjuk: 指名される
Pembawa acara: 司会
Perayaan: お祝い
Pelafalan: 発音
Bertambah: 増える
Kenalan: 挨拶して、知り合う
Pindah kerja: 転職する
Disirami: かける
Gula merah: ブラウンシュガー
Asam jawa: タマリンド
irisan: スライス
Bawang merah: エシャロット
Bawang putih: にんにく

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。