ジャパネシアの学校「JLC」という「ナゾ組織」について

Hari ke-307 : Musim hujan, tapi Jakarta panas banget(雨季だけど、ジャカルタ超暑すぎ)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Minggu kemarin saya dan teman-teman kerja adakan studi banding ke Universitas Indonesia lho. Saya dan rombongan dari Fakultas Bahasa dan Budaya Universitas Darma Persada kunjungi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

Udah lama saya nggak ke kampus UI Depok. Terakhir kapan ya? Saya juga lupa. Kayanya pas sebelum pandemi deh. Kalo ke UI biasanya ya untuk ikut seminar. Kali ini kami belajar mengenai pengelolaan fakultas dan mengenai penelitian dari dosen-dosen UI. Saya ketemu dengan dosen bahasa Indonesia yang dulu ngajar di Tokyo Gaidai lho.

Terus minggu kemarin, kayanya Indonesia sedang panas-panasnya. Kemarin itu ada 3-4 hari cuacanya panas banget. Sampe-sampe di dalam rumah juga panas, padahal di rumah saya udah pake 2 AC. Katanya BMKG Indonesia atau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Indonesia, panas kali ini adalah pengaruh dari kondisi El Nino. Terus untuk turunin panas di dalam rumah, saya ke atas dan siram bagian atap rumah saya dengan air. Saya pikir dengan kasih air ke tembok atap, suhu di dalam rumah saya bisa turun, eh pas udah coba, ternyata sama aja. Malah air yang saya siram jadi panas hehehe. 

Nah sekarang udah masuk musim sidang skripsi lagi nih. Jadi sekarang sedang rame mahasiswa yang bimbingan skripsi. Beberapa minggu lalu saya mulai adain bimbingan skripsi di hari Sabtu lagi. Di mahasiswa bimbingan saya, banyak mahasiswa kelas karyawan, jadi mereka nggak bisa datang di hari kerja. Atasan saya kasih banyak mahasiswa kelas karyawan karena dia pikir saya bisa atur waktu bimbingan lebih fleksibel. Tapi masalahnya adalah sejak saya pindah tempat kerja, kerjaan saya nambah banyak, jadi makin susah atur waktunya. Doakan semoga mahasiswa bimbingan saya bisa lulus tepat waktu ya.

  • Studi banding: 比較研究、比較学習
  • Rombongan: 団体
  • Kunjungi: ~に訪問する
  • Pengelolaan: 管理
  • Sampe-sampe/Sampai-sampai: ~ほどだった
  • BMKG Indonesia: インドネシア気象庁
  • Turunin/Turunkan: 下げる
  • Siram: 水をやる
  • Bimbingan skripsi: 卒論指導
  • Fleksibel: 柔軟に
  • Doakan: 祈ってください
  • Lulus: 卒業する
  • Tepat waktu: 時間通り、ピッタリの期間で

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。