ジャパネシアの学校「JLC」という「ナゾ組織」について

Hari ke-306:Pendekin celana di pasar(市場でズボンの裾上げ)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Kalian pasti masih ingat cerita saya belanja di Uniqlo. Saya beli 2 celana panjang terus udah dipendekin juga sesuai ukuran kaki saya.

Terus pas saya pake di rumah, ternyata celananya masih agak panjang. Kata istri saya sih panjangnya nggak masalah, tapi saya lebih suka panjang celananya pas dengan mata kaki saya. Akhirnya saya ke pasar untuk pendekin celananya. Di pasar banyak tukang jahit. Biasanya untuk pendekin celana, biayanya sekitar 10.000 sampe 15.000. Selain di pasar, biasanya ada juga tukang jahit keliling, tapi akhir-akhir ini saya udah jarang lihat tukang jahit yang keliling ya.

Terus, mungkin kalian masih ingat video ini dari video Harinya Japanesia yang minggu lalu. Ini adalah kue khas Indonesia, namanya kue lapis. Ini kue lapis yang mungkin terenak yang pernah saya makan. Saya dapat kue ini dari teman kerja. Pas saya makan, rasanya enak banget. Rasanya manis, tapi nggak terlalu manis juga. Terus, kue lapis ini harum banget lho. Saking enaknya, saya sampe pesan kue lapis ini untuk saya sendiri. Oh ya, harumnya itu adalah harum daun-daunan yang sering dipake di masakan Indonesia. Kebanyakan daun ini dipake di kue sih. Dari warna kue lapis ini, apa kalian bisa tebak daun apa yang dipake? Ayo tulis jawaban kalian di kolom komentar ya. 

Oh ya, sekarang di Indonesia udah mulai masuk musim Rambutan lho. Ingat ya, kalo musim rambutan itu pas di akhir atau awal tahun. Kemarin-kemarin saya banyak lihat tukang rambutan di jalan. Sampe teman kantor saya juga jualan rambutan lho. Katanya di sekitar rumahnya banyak pohon rambutan, jadi kata dia, “dari pada nggak kemakan, mendingan dijual aja” gitu. Saya mau beli, tapi pas lagi nggak bawa dompet. Rambutan itu kelihatannya sama, tapi banyak jenisnya lho. Rambutan yang terkenal itu justru jenis rambutan dari Jakarta, namanya rambutan Binjai dan rambutan Rapiah. Buah rambutan Binjai cenderung besar, kalo Rapiah, rambutnya pendek hehehe.

  • Pendekin/Pendekkan: 短くする
  • Dipendekin: 裾上げしてもらう
  • Panjang: 長い、長さ
  • Mata kaki: くるぶし
  • Tukang jahit: 仕立て屋さん
  • Tukang jahit keliling: 移動式仕立て屋さん
  • Terenak: 一番おいしい
  • Harum: 香っている
  • Kebanyakan: ほとんど
  • Kemakan/termakan: 食べられる、食べきれる
  • Buah: 果物、実

4 COMMENTS

宮迫 秀樹

Pa Hari, terima kashi.
Saya sayang sekali.
Tapi saya bisa tahu “pandan” kata baru.
Saya sangat senang baca Harinya Japanesia setiap minggu ya.

返信する

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。