ジャパネシアの学校「JLC」という「ナゾ組織」について

Hari ke-305:Lampu sepeda saya rusak gara-gara kehujanan(雨降って、自転車のランプが壊れる)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Akhir-akhir ini saya sering pulang naik sepeda sambil hujan-hujanan. Terus gara-gara itu, lampu sepeda saya rusak.

Mungkin kemasukan air hujan ya. Lampu ini saya beli di Jepang sekitar tahun 2017-an, jadi udah dipake sekitar 6 tahun-an. Mungkin emang udah waktunya rusak ya. Saya udah coba masukin lampu itu ke dalam beras seharian. Saya masih berharap lampunya masih bisa nyala. Tapi walaupun udah gitu, lampunya tetap nggak bisa nyala. Sebenarnya, kalo naik sepeda di sini nggak pake lampu juga nggak apa-apa sih, tapi ya bahaya, jadi sekarang saya mau beli lampu baru hehehe.

Terus kemarin saya sering ikut serah terima jabatan ketua klub kegiatan mahasiswa. Di tempat saya kerja ada 5 klub mahasiswa, yaitu klub Kyougi Karuta, terus klub Shodo, klub Kaiwa, Klub tari Yosakoi, dan klub tentang anime dan komik yang namanya Umado. Setiap tahun ketuanya ganti dan waktu ketuanya ganti mereka adakan acara serah terima jabatan ini. Serah terima jabatan sering disingkat jadi SERTIJAB. Di acara ini ketua lama melaporkan kegiatan yang udah dilaksanain, terus lapor tentang kendala yang selama ini dialami, terus harapan untuk ketua baru. Terus ketua barunya bakal kasih sambutan yang isinya adalah rencana kerja. 

Terus minggu kemarin Najmah ikut ujian masuk di SMA Negeri lho. SMA negeri ini posisinya dekat dengan rumah. Mungkin dengan jalan kaki cuma 10 menit aja. Dia mutusin mau pindah dari sekolah yang sekarang ke SMA negeri karena jarak sekolah ke rumah yang lebih dekat. Terus di SMA negeri ini ada pelajaran bahasa Jepangnya juga, terus katanya ada banyak klub kegiatan siswanya juga. Di sekolah yang sekarang sebenarnya dia juga ikut klub juga. Dia ikut klub bahasa Perancis. Oh ya, jalan dari rumah ke SMA negerinya itu lewatin gang yang sempit banget lho. Gang ini cuma muat 1 orang aja, tapi kadang ada juga motor yang lewat sini.

  • Lampu sepeda: 自転車ライト
  • Rusak: 壊れている
  • Kehujanan: 雨に降られる
  • Hujan-hujanan: 雨の中で遊びながら、何かをする
  • Gara-gara: ~のせいで
  • Kemasukan: 入ってしまった状態
  • Beras: お米Seharian: 一日中
  • Nyala: 付いている
  • Serah terima: Jabatan: 役職
  • Ganti: 変える、変わる
  • Melaporkan: ~について報告する
  • Lapor: 報告する
  • Kendala: 問題
  • Harapan: 希望、期待
  • Sambutan: 挨拶
  • Lewatin/Lewati: ~を通る
  • Gang: 路地

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。