ジャパネシアの学校「JLC」という「ナゾ組織」について

Hari ke-300 : Kasih sambutan di acaranya mahasiswa(大学行事の挨拶)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya.

Akhir-akhir ini saya sering mewakili Dekan fakultas untuk kasih sambutan di kegiatan mahasiswa. Kemarin ada kegiatan lomba baca puisi dan pidato bahasa Inggris. Saya dapat tugas kasih sambutan di pembukaan acara itu. Saya agak gugup sih, tapi saya udah siapin naskahnya, jadi ya lumayan lancar. Saya tutup sambutan saya dengan pantun lho. Kayanya semua senang dengan pantun saya. Oh ya, di acara itu ada juga mahasiswa yang buka maid cafe. Mahasiswa ajak saya ke kafe itu, tapi saya nggak mau. Saya bercanda ke mahasiswa dengan bilang “Masuk ke dalam maid cafe itu buat saya sama dengan kejahatan”. Hehehe.

Terus kemarin ada insiden tabung gas di rumah saya. Waktu itu saya mau ganti tabung gas karena udah habis. Terus pas saya pasang regulatornya, gasnya bocor. Saya panik karena gasnya keluar dan keluarin suara yang keras. Terus saya coba tekan lubang gasnya pake ibu jari. Saya tekan kuat-kuat supaya gasnya nggak keluar. Untuk sementara gasnya bisa saya tahan, tapi ibu jari saya jadi sakit banget. Terus saya suruh istri untuk buka pintu belakang. Begitu pintunya kebuka, saya langsung bawa gasnya keluar rumah. Tetangga juga keluar dan bantu saya. Tetangga perbaiki gasnya dan akhirnya gasnya berhenti. Ternyata ada benda kecil yang nyumbat lubang gas jadi katupnya nggak bisa nutup.

Insidennya nggak berhenti di situ. Kemarin penjepit tiang sadel sepeda saya juga patah. Untungnya penjepit itu patah pas sepeda itu lagi disimpan di rumah. Coba patahnya pas saya lagi naik sepeda, pasti saya jatuh. Penjepit ini saya beli di Jepang. Mereknya Thomson. Merek ini lumayan terkenal karena dibuat dari bahan yang kuat. Tapi pas cek di websitenya, ternyata pihak perusahaan jamin kekuatan produknya cuma 5 tahun aja. Kalo pakai lebih dari 5 tahun, katanya mereka nggak jamin produknya bisa bertahan. Saya emang udah pake penjepit itu lebih dari 5 tahun sih. Jadi ya mau gimana lagi.

  • Sambutan: 挨拶の言葉
  • Mewakili: ~を代表する
  • Dekan: 学部長
  • Tugas: 任務
  • Siapin/Siapkan: 用意する、準備する
  • Pantun:四行詩
  • Bercanda: 冗談を言う
  • Kejahatan: 犯罪行為
  • Tabung gas: ガスボンベ
  • Bocor: 漏れている
  • Ibu jari: 親指
  • Kebuka/Terbuka: 空いている
  • Nyumbat/Menyumbat: 詰まっている
  • Katup: バルブ
  • Penjepit: クランプ
  • Tiang sadel: シートポスト
  • Patah: 折れている
  • Jamin: 保証する
  • Bertahan: 持つ、耐える

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。