ジャパネシアの学校「JLC」という「ナゾ組織」について

Hari ke-284 Terpaksa ganti HP lagi(また携帯をかえなくちゃいけませんHari ke-284 Terpaksa ganti HP lagi)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Akhir-akhir ini cuaca di Jakarta panas banget. Mungkin sekitar 2 tahun belakangan ini sinar mataharinya terik banget.

Kalo dulu, saya masih bisa naik motor tanpa kacamata hitam, tapi kalo sekarang kayanya susah. Terus, dulu saya nggak pernah pake sun screen, tapi sekarang saya nggak bisa keluar kalo nggak pake sun screen. Terus kalo cuacanya panas kaya gini, jadi pengen minum minuman yang manis ya.

Mungkin karena itu banyak orang Indonesia yang suka minuman manis. Terus mungkin karena itu, badan saya jadi gemuk ya hehehe.

Terus, minggu kemarin saya terpaksa ganti HP. Saya pemakai iPhone dari 2014 pas saya di Jepang. Dari waktu itu saya selalu pake iPhone. Kalo di Indonesia saya nggak pernah beli iPhone yang baru, soalnya harganya mahal banget. Nah iPhone yang terakhir saya pake itu bekasnya Najmah. HP itu udah pernah jatuh 2 kali dan 2 kali juga diperbaiki. Akhir-akhir ini, HPnya cepat panas dan kalo udah panas, kameranya nggak berfungsi dan saya nggak bisa ambil video Harinya Japanesia deh. Kemarin, rusaknya udah parah banget, jadi terpaksa saya ganti HP lagi. Kali ini saya pindah dari iPhone ke HP Android lho.

Bulan ini ada perayaan kemerdekaan Indonesia di tanggal 17 Agustus. Nah karena itu, sekarang banyak banget muncul tukang jualan bendera dan hiasan perayaan kemerdekaan. Mereka termasuk pedagang musiman yang jualan bendera di setiap bulan Agustus aja. Selain bendera, mereka juga jual macam-macam hiasan yang warnanya merah dan putih. Terus, kalo udah bulan Agustus, perumahan di Indonesia pasti dihias dengan nuansa perayaan kemerdekaan. Di sekitar rumah saya juga sama. Hampir semua rumah pasang bendera, terus di tembok-tembok juga banyak tulisan dan gambar perayaan kemerdekaan. 

  • 2 tahun belakang ini: ここ2年間
  • Terik: (日差しが)強い
  • Sun Screen: 日焼け止め
  • Pengen: Mau のカジュアルバージョン
  • Pemakai: 利用者
  • Berfungsi: 機能している
  • Parah: ひどい
  • Pindah: 切り替える
  • Muncul: 現れる
  • Musiman: 季節限定、期間限定
  • Hiasan: 飾り

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。