ジャパネシアの学校「JLC」という「ナゾ組織」について

Hari ke-264 Bulan puasa udah mulai (断食期間が始まりました。)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Seperti yang mina san juga udah tahu, sekarang orang Islam di dunia udah mulai puasa lagi. Kalau di Indonesia rata-rata mulai puasa dari tanggal 23 Maret kemarin. Oh ya, awal puasa tahun ini pas banget dengan perayaan Nyepi untuk agama Hindu lho. Nah karena itu, tanggal 23 Maret jadi hari libur dan banyak orang yang mudik untuk puasa pertama di kampungnya. Mungkin karena banyak yang mudik, jadi suasana hari pertama puasa di Jakarta itu sepi banget. Orang yang jualan makanan juga masih sedikit. 

Terus, walaupun lagi puasa, saya tetap ke kantor naik sepeda lho. Istri saya sempat protes waktu saya bilang kalo mau naik sepeda ke kantor, tapi saya nggak bisa nahan diri hehehe. Soalnya naik sepeda itu salah satu hal yang kasih motivasi saya untuk berangkat kerja. Kalo naik motor kayanya kurang gimana gitu. Kalo tahun kemarin puasanya pas musim hujan, nah kalo tahun sekarang puasanya udah masih musim kemarau, jadi emang lebih panas sih. Tapi pas saya coba naik sepeda, kayanya biasa aja. Saya ngerasa sehat-sehat aja kok. 

Oh ya ada satu hal lagi yang bikin saya kaget akhir-akhir ini. Kemarin-kemarin, saya mulai ngerasa kok kayanya kalo baca tulisan dari jarak dekat, tulisannya nggak jelas ya. Terus saya tanya ke beberapa orang yang keliatannya punya mata sehat.Mereka rata-rata bisa baca tulisan kecil dari jarak sekitar 20cm.

Terus saya coba pake kacamata pak Hargo yang kemarin muncul di video Harinya Japanesia. Pas saya pake, ternyata tulisannya jadi jelas banget lho! Hahaha. Kata orang Indonesia, kondisi mata kaya saya disebut dengan istilah “Mata tua” hehehe. Mungkin udah saatnya saya cari frame kacamata yang cocok nih.

  • Bulan puasa: 断食期間
  • Rata-rata: だいたい
  • Nyepi: ニュピ(ヒンズー教の元日)
  • Mudik: 帰省/帰省する
  • Jualan: Menjual のカジュアル形式、売る、売っている
  • Nahan diri: Menahan diriのカジュアル形式、自分を抑える
  • Berangkat kerja: 仕事に出る

まるごとのインドネシアを

暮らしの中で、つたえられる言葉や文化
JLC会員はすべてのHarinya Japanesiaをフルで観られます

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。