交流会申し込み開始!3月26日(日)

Hari ke-260 Bimbingan skripsi di kafe dekat rumah (家近くのカフェで論文指導)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Minggu kemarin teman kerja saya ada yang pulang kampung. Awalnya saya pikir dia orang Jakarta, tapi ternyata dia dari Semarang. Waktu masuk kantor dia bawa oleh-oleh banyak banget.

Salah satunya adalah Jenang Kudus. Apa ada yang pernah dengar nama makanan ini? Jenang adalah makanan khas Jawa Tengah. Kayanya dulu saya pernah cerita juga ya? Jenang sebenarnya satu jenis dengan Dodol. Kalo Dodol, adanya di daerah Jawa Barat. Makanannya sih sejenis, tapi karena beda daerah, namanya juga jadi beda. Kalo di Jepang ada nggak makanan kaya gini?

Terus, kemarin saya nggak bisa ke kampus naik sepeda soalnya hampir setiap pagi hujan. Akhir-akhir ini hujannya itu intens banget. Dari jam 3 atau 4 pagi sampe siang. Nah kalo udah hujan dari pagi biasanya jalan jadi macet. Nah pas saya lagi kejebak macet, banyak motor yang naik dan jalan di trotoar. Hal kaya gini udah biasa kayanya di Jakarta. Awalnya sih saya suka kesel liatnya, tapi ya mau gimana lagi? Kendaraannya banyak, tapi jalannya sempit, jadi begini deh. Menurut kalian, gimana caranya supaya jalan di Jakarta jadi kaya di Jepang ya? Silakan tulis pendapatnya di kolom komentar ya.

Terus, minggu kemarin saya adain bimbingan skripsi di luar kampus. Mahasiswa bimbingan saya, kebanyakan dari kelas karyawan. Mereka rata-rata udah kerja dan susah ketemu di hari biasa. Kali ini saya dan mahasiswa ngobrol di kafe dekat rumah. Kayanya ini kafe baru. Tempatnya luas dan kayanya enak buat ngobrol. Kafe ini pake cara unik untuk panggil konsumen pas makanan atau minuman mereka udah jadi. Mereka pake semacam alat yang bisa bunyi dan kedap-kedip kalo makanan dan minumannya udah siap. Pas makanan saya udah siap, alatnya bunyi dan volumenya lumayan keras, jadi agak malu juga sih sebenarnya hehehe. 

  • Bimbingan: 指導
  • Skripsi: 学部の卒業論文
  • Pulang kampung: 帰省する
  • Kantor: 会社、オフィス、事務所
  • Oleh-oleh: お土産
  • Jenang: 羊羹のようなスイーツ
  • Intens: 頻度の高いこと
  • Kejebak macet/Terjebak macet: 渋滞にハマっている
  • Kelas karyawan: 社会人コース
  • Kedap-kedip: 点滅している

まるごとのインドネシアを

暮らしの中で、つたえられる言葉や文化
JLC会員はすべてのHarinya Japanesiaをフルで観られます

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。