初心者の方がやっちゃいけないこと

Hari ke-232 Pergi ke rumah Pitung!(ピトゥンちゃんの家に行った)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya.

Minggu kemarin suasana di kampus saya masih suasana sidang skripsi. Banyak mahasiswa yang kumpul untuk kasih semangat ke teman-temannya. Terus banyak yang foto-foto juga di sekitar kampus. Terus, makanan juga banyak mengalir ke meja kerja saya. Saya sampai bingung, “Ini makanan mau digimanain ya?”. Semua rata-rata kasih roti ke saya. Saya senang sih, tapi kayanya kebiasaan ini memang harus diberentiin deh. Senang sih senang, tapi gimana gitu.

Terus, minggu kemarin HP saya ketinggalan di rumah. Mungkin karena waktu itu lagi banyak kerjaan, jadi kelupaan deh. Saya udah kabari sih ke istri saya kalo saya masih bisa pakai WhatsApp untuk kerja dari laptop, tapi dia sengaja datang ke kampus untuk anterin HP saya hehehe. Saya kaget campur senang. Dia antar HP saya karena sekalian mau jemput Bintang dari sekolah. Dulu memang kita nggak bisa pakai WA di laptop, kalau HPnya itu berjauhan dengan laptop. Tapi sekarang udah bisa lho.

Terus, ini adalah salah satu masalah baru di rumah saya. Masalahnya adalah kantong belanja ini. Dulu saya udah pernah cerita kalau super market atau mini market di Jakarta udah nggak sediain kantong plastik lagi. Sebagai gantinya kita diminta pakai kantong belanja kaya gini. Akhir-akhir ini saya agak kerepotan nyimpen kantong belanja kain. Saya sering dapat kantong belanja kain waktu pesan makanan dari GoFood. Mungkin ini bakal jadi masalah sosial baru di Jakarta nih. Bahannya kuat lho. Jadi mungkin ini bisa jadi bahan untuk produk lain.
image.png

覚えたい単語!
  • Mengalir: 流れる
  • Sidang: 審査
  • Suasana: 雰囲気
  • Kumpul: 集まる、集まっている
  • Kasih semangat: 応援する
  • Foto-foto: たくさん写真を撮る
  • Digimanain: Dibagaimanakan: どうすれば
  • Kebiasaan: 習慣
  • Diberentiin: Diberhentikan: とめる、やめる
  • Ketinggalan: 置き忘れる
  • Kelupaan: 忘れてしまう
  • Kabari: ~に連絡する
  • Sengaja: わざわざ
  • Anterin: Antarkan: ~のために送る
  • Sekalian: ついでに
  • Berjauhan: 離れる、離れている
  • Kantong belanja kain: エコバッグ
  • Sediain: Sediakan: 提供する
  • Kerepotan: 困っている
  • Nyimpen: Menyimpan: 保管する

Harinya Japanesia完全版はこちら

3 COMMENTS

Hari Setiawan

柴田さん、こんにちは。
私は見れました。インターネット接続かもしれないですね。

返信する

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。