初心者の方がやっちゃいけないこと

Hari ke-231 Ikan kecilnya mati(小魚が死んだ)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Minggu kemarin kan saya cerita tentang ikan-ikan kecil yang dipelihara saya, Najmah, dan Bintang ya. Minggu kemarin, ada beberapa ikan yang mati.

Padahal saya udah pasang aerator untuk masukin oksigen ke dalam air, tapi kok ikannya mati ya? Terus, habis kejadian itu, saya kuras air aquariumnya, terus saya juga beli filter air. Semoga dengan filter itu, kebersihan airnya bisa kejaga dan ikannya sehat. Tapi walaupun sudah pasang aerator dan filter, beberapa hari kemudian tetap aja ada ikan yang mati. Ada yang tahu nggak kenapa?

Terus, minggu kemarin tempat kerja saya masih sibuk dengan pelaksanaan sidang skripsi. Waktu lihat persiapan mereka, saya jadi ingat waktu saya sidang skripsi dulu. Pas selesai sidang dan nilainya diumumkan, ada mahasiswa yang teriak “Alhamdulillah!” terus ada juga yang nangis. Kebanyakan, mereka jadi emosional dan kelihatan lega banget. Habis sidang mereka foto-foto. Ada juga mahasiswa yang siapin banner untuk temannya yang udah selesai sidang. Ini kayanya tren baru nih. Mungkin ini salah satu bentuk ekspresi mahasiswa untuk tunjukin kegembiraannya.

Oh ya, seperti biasa, kalau musim sidang skripsi, banyak mahasiswa yang kirim makanan ke dosen. Saya sudah sering bilang ke mahasiswa untuk jangan bawain saya makanan, tapi mereka tetap aja bawa makanan. Minggu kemarin saya kaget karena tiba-tiba ada roti besar di atas meja saya. Di roti itu nggak ada pesan apa pun jadi saya nggak tahu roti itu dari siapa. Saya nggak ngerti ini kebiasaan bagus atau nggak, tapi kalau menurut saya sih nggak bagus ya. Kalau menurut kalian gimana? Kasih tahu pendapatnya di kolom komentar ya.

覚えたい単語!
  • Dipelihara: 飼われる
  • Mati: 死んでいる
  • Pasang: 取り付ける、設置する
  • Masukin: Masukkan: 入れる
  • Kuras: 浴槽や水槽などのような水が入った容器や場所などをきれいにする
  • Kebersihan: 清潔さ
  • Kejaga: Terjaga: 保たれる
  • Pelaksanaan: 実施
  • Persiapan: 準備
  • Diumumkan: 発表される
  • Teriak:叫ぶ
  • Alhamdulillah: 「よかった。神様に感謝だ」という意味のイスラム教のお祈り
  • Nangis: Menangis: 泣く、泣いている
  • Emosional: 感情的
  • Lega: ホッとする
  • Foto-foto: 写真をたくさん撮る
  • Siapin: Siapkan: 用意する、準備する
  • Tunjukin: Tunjukkan: 示す、見せる
  • Kegembiraan: 幸せ
  • Dosen: 大学の先生
  • Bawain: Bawakan: 持って行ってあげる、持ってきてあげる
  • Kaget: びっくりする、驚く、びっくりしている、驚いている
  • Ngerti: Mengerti: 理解している

Harinya Japanesia完全版はこちら

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。