そろそろ締め切り!ジャパネシア交流会!

Hari ke-198 Pangandaran yang bikin nyaman(快適にさせてくれるパンガンダラン)

Halo semua apa kabarnya? Semua pasti sehat ya? Sama dengan minggu kemarin, video kali ini masih dari Pangandaran ya. Saya sudah 1 minggu di sini dan udah ngerasa nyaman banget. Anak-anak saya juga kayanya udah nggak mau balik lagi ke Jakarta.

Tiap hari ibu mertua saya juga masak makanan yang enak-enak kaya semur Jengkol, sop ikan, dan lain-lain.

Terus saya juga akhirnya bisa makan Kupat Tahu kesukaan saya. Kalau di Pangandaran saya pasti makan Kupat Tahu ini. Rasanya beda dengan yang di Jakarta deh.

Terus, saya juga dibuatin masakan dari jantung pisang lho. Enak banget rasanya. Kali ini jantung pisangnya dibuat jadi masakan yang namanya pepes. Jantung pisangnya di potong-potong, terus dicampur dengan bumbu, terus dibungkus pakai daun pisang dan dikukus. Seperti yang kalian lihat di video sebelumnya, di sekitar rumah ibu mertua saya banyak banget pohon pisang. Kalau orang di sini cuma konsumsi buah, jantung pisang, dan daunnya aja, kalau batangnya sih kayanya nggak dimakan.

Oh ya, minggu kemarin kakak ipar saya dan keluarganya datang ke juga ke Pangandaran. Terus kami jalan-jalan lho. Sebenarnya saya hari itu ada kerjaan, tapi karena mumpung semua saudara sedang kumpul, jadi saya juga ikut.

Selama jalan-jalan saya nggak bisa main bareng anak-anak soalnya saya harus kerja. Saya meeting di pinggir pantai, terus kerjain dokumen di warung bakso, dan buat bahan untuk perkuliahan di atas bukit. Walaupun saya nggak ikut main, tapi senang banget bisa ada di antara saudara-saudara.

覚えたい単語!
  • Bikin nyaman: Buat nyaman: 快適にしてくれる
  • Ngerasa: Merasa: 感じる
  • Balik: 戻る
  • Semur Jengkol: ジェンコールの煮込み
  • Dibuatin: Dibuatkan: 作ってもらう
  • Jantung pisang: バナナの花の窪み
  • Pepes:
  • Dikukus: 蒸される
  • Kerjaan: Pekerjaan: 作業、仕事
  • Mumpung: せっかく
  • Pinggir: 端っこ
  • Kerjain: Kerjakan: ~をやる
  • Bakso: ミートボール
  • Bukit: 丘

JLC会員の方は会員サイトより文字起こし日本語訳付きの完全版をご利用ください。

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。