入門者向け基礎から始める3か月学習プログラム

Hari ke-331 : Akhirnya beli sepeda lagi(結局また自転車買った)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Kemarin saya kedatangan tamu lagi di kampus, tapi kali ini tamunya bukan dari Jepang, tapi anak-anak SMA dari Bekasi. Mereka katanya mau lihat-lihat kegiatan mahasiswa di kampus.

Di kunjungan kemarin, mahasiswa terima kedatangan adik-adiknya dari SMA dan adain sesi penjelasan tentang klub kejepangan yang ada di kampus. Klub kejepangannya ada 5. Ada klub Kaiwa, klub Shodo, klub Karuta, klub tarian Yosakoi, dan klub Umado. Kalo klub Umado itu klub tentang anime dan komik. Kemarin acaranya seru dan sepertinya semua anak SMA itu senang banget. 

Terus abis terima kunjungan dari anak-anak SMA, siangnya ada acara kompetisi presentasi bahasa Jepang Universitas Darma Persada. Kompetisi ini adalah kompetisi yang diikuti sama mahasiswa kampus saya aja. Nggak ada peserta dari kampus lain. Sebenarnya kompetisi ini adalah bentuk dari Ujian Akhir Semester untuk perkuliahan Presentasi bahasa Jepang lho. Jadi mereka nggak ikut ujian kaya biasa, tapi mereka adain kompetisi yang besar sebagai ujian akhir. Nah karena acaranya seru banget, mahasiswa pengen acaranya diadain lagi tahun depan. Kalo tahun depan ada lagi, saya mau undang orang Jepang yang tinggal di sekitar Jakarta ya!

Terus, saya mau cerita tentang sepeda ini. Kemarin akhirnya saya beli sepeda lagi. Sepedanya bukan sepeda baru, tapi kondisinya masih bagus banget. Saya beli sepeda ini soalnya saya udah ga bisa nahan diri lagi hehehe. Udah lama saya mau sepeda 1 lagi, tapi selama ini belum nemu yang cocok. Sebenarnya yang bagus itu banyak, tapi harganya nggak cocok dengan kantong saya hehehe. Kemarin kebetulan ada postingan tentang sepeda ini. Sepedanya bagus banget dan harganya lebih bagus lagi karena di bawah harga pasaran. Begitu lihat sepedanya, langsung minta izin istri dan langsung transaksi! Hehehe. 

単語

Kedatangan: 来ていただく、ご来場
Lihat-lihat: 見学する
Kegiatan mahasiswa: 学生クラブ活動
Kunjungan: 訪問
Adain/Adakan: 開催する
Sesi penjelasan: 説明会
Seru: 盛り上がっている
Kompetisi presentasi: 発表大会
Diikuti: 参加される
Ujian Akhir Semester: 期末試験
Pengen/Mau: 欲しい
Undang: 招待する
Kondisi: 状態
Nahan diri/Menahan diri: 自分を抑える
Nemu/Menemukan: 見つける
Cocok: ピッタリ合う
Kantong: ポケット
Harga pasaran: 相場
Transaksi: 取引する

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。