入門者向け基礎から始める3か月学習プログラム

Hari ke-332 : Kampus saya terima kunjungan lagi(うちのキャンパスにまたゲストが来た)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Kemarin ada pengumuman dari ketua RT tempat tinggal saya. Dia kasih tahu pengumuman tentang barang-barang yang nggak dipake di rumah. Dia bilang kalo ada barang yang nggak dipake di rumah silakan dikumpulin di halaman belakang rumah dia.

Terus saya kumpulin barang-barang yang nggak dipake yang ada di rumah. Ada koper yang rusak. Terus ada sepatu-sepatu Najmah yang udah rusak. Ada wadah plastik, ada kardus, dan lain-lain. Pas saya antar barangnya ke rumah pak RT, ternyata barang-barang itu ditimbang dan saya dapat uang. Nggak banyak sih, tapi lumayan hehehe.

Kemarin ada tamu lagi datang ke kampus saya. Kali ini tamunya adalah para mas dan mba polisi yang sedang belajar bahasa Jepang. Polisi di Indonesia punya kesempatan belajar bahasa asing lho. Mereka belajar di sekolah bahasa khusus polisi, namanya Sekolah Bahasa Polri atau biasa disingkat jadi SEBASA. SEBASA juga salah satu sekolah yang kerjasama dengan kampus saya. Hari itu mas dan mba polisinya lihat-lihat kegiatan kejepangan, misalnya lihat latihan Kendo, terus belajar Shodo, dan ikutan diskusi dengan mahasiswa pakai bahasa Jepang. Mas dan mba polisi ini berasal dari macam-macam daerah di Indonesia lho. 

Terus kemarin ada Ryota san main ke kampus tempat saya kerja. Ryota san adalah salah satu murid di Japanesia. Dia selalu ikut kelas saya dan selalu ikut koryukai juga. Kemarin dia jalan-jalan ke Indonesia dan sempat main ke kampus. Kebetulan di kampus sedang ada acara mahasiswa. Saya kenalin Ryota san ke mahasiswa yang ada di acara itu. Terus saya minta Ryota san untuk kenalin dirinya dan cerita tentang dia yang sedang belajar bahasa Indonesia. Mahasiswa senang banget bisa ketemu dan ngobrol dengan Ryota san. Mereka banyak tanya ke Ryota san. Untuk kalian yang mau main ke kampus saya, ayo silakan, ditunggu ya.

単語

Kunjungan: 訪問
Pengumuman: お知ら
Silakan dikumpulin/Silakan dikumpulkan: どうぞ集めてください
Koper: スーツケース
Wadah plastik: プラスチック容器
Timbang: (重さを)計る
Lumayan: まあまあ
Kesempatan: 機会、チャンス
Lihat-lihat: 見学する
Kejepangan: 日本関係
Ikut kelas: クラスに出る
Sempat: 機会がある、チャンスがある
Kenalin diri/Kenalkan diri: 自己紹介をする

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。