バリ交流会の場所が決まりました!一緒に楽しみましょう!

Hari ke-330 : Banyak tamu dari Jepang(日本から多くのお客さん)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Minggu kemarin kampus masuk ke masa ujian akhir dan sebentar lagi semester genap bakal selesai. Terus minggu kemarin banyak banget tamu dari Jepang. Waktu kedatangannya tamu-tamu ini pas banget soalnya pas di masa nggak ada kuliah.

Salah satu tamunya adalah teman saya dari Tokyo. Dia main ke kampus saya setiap tahun. Selain untuk ketemu dengan saya, dia datang untuk ketemu dengan mahasiswa dan ngobrol sama mereka. Temen saya ini selalu datang di waktu yang sama, yaitu di bulan Juli. Terus kami selalu ambil foto di tempat yang sama lho.

Terus minggu kemarin KTP saya akhirnya selesai. Saya pikir kartunya bakal berubah, tapi ternyata sama aja. Bagian yang berubah itu ya cuma alamatnya aja. Ini namanya KTP. Mungkin sama dengan 住民票 yang ada di Jepang, tapi dalam bentuk kartu. Di dalamnya ada informasi seperti nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, agama, status pernikahan, pekerjaan, dan kewarganegaraan. Jumlah informasinya lumayan banyak juga ya. Mungkin lebih banyak daripada jumlah informasi yang ada di 住民票. Selain dalam bentuk kartu, ada juga KTP digital dalam bentuk aplikasi lho.

Sekarang kayanya Indonesia udah masuk musim hujan soalnya hampir setiap hari turun hujan. Masuk musim hujan, berarti masuk ke musim nyamuk juga. Akhir-akhir ini banyak orang yang kena demam berdarah. Untuk kalian yang tinggal di Indonesia, hati-hati ya. Nah kalo di kawasan perumahan kaya tempat tinggal saya, biasanya ada pengasapan atau biasa disebut dengan istilah Fogging. Pengasapan ini dilakuin supaya nyamuk-nyamuk mati. Fogging ini bagus sih karena bisa bunuh nyamuk, tapi baunya itu nggak enak banget. Baunya itu nggak enak, tapi karena muncul banyak asap kaya gini, banyak anak-anak yang nonton juga hehehe.

単語

Ujian akhir: 期末試験
Semester genap: 後期
Waktu: タイミング
Kedatangan: 訪問
Ketemu/Bertemu: ~に会う
KTP: 身分証明書
Berubah: 変わる、変化する
Bentuk: 形、形式
Jenis kelamin: 性別
Agama: 宗教
Status pernikahan: 婚姻関係
Kewarganegaraan: 国籍
Musim hujan: 雨季
Turun hujan: 雨が降る
Musim nyamuk: 蚊のシーズン
Demam berdarah: デング熱
Pengasapan: 散布
Bau: 匂い
Nonton/Menonton: 見る

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。