入門者向け基礎から始める3か月学習プログラム

Hari ke-336 : Najmah mulai suka nge-gym(ナジュマがジムに行き始めた)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Minggu kemarin Najmah ngajuin proposal ke saya. Isinya tentang permintaan izin untuk daftar ke gym. Katanya dia mau olahraga secara rutin bareng teman-temannya.

Gymnya ini gym yang khusus perempuan. Awalnya saya dan istri nggak setuju dengan proposalnya, soalnya biaya pendaftaran dan biaya bulanannya mahal banget. Tapi sebenarnya ya kalo dia rutin olahraga bagus juga sih buat kesehatannya. Jadi akhirnya saya dan istri setuju dengan proposalnya. Tapi kami cuma setujui biaya untuk satu bulan dulu. Soalnya Najmah ini suka angin-anginan anaknya. 

Terus kemarin pas rapat di kantor, teman saya bawain makanan spesial. Dia bawa Tekwan dari Palembang. Tekwan ini sejenis Pempek, tapi berkuah dan pake lobak. Saya pikir Tekwannya udah dibungkus gitu untuk setiap orang, tapi ternyata nggak. Dia bawa kompor, panci dan peralatan lainnya untuk masak Tekwan. Katanya Tekwan itu enak dimakan kalo masih hangat. Rasanya enak banget, ada tekstur kenyal dari Tekwannya, terus ada tekstur renyah dari lobaknya, wah mantap abis. Terus ada taburan bawang dan ebi gorengnya. Kalian gimana? Apa ada yang pernah makan Tekwan ini? Kalau belum coba, wah wajib coba nih.

Nah minggu kemarin ada murid JLC yang datang ke tempat kerja saya. Dia udah lama ikut kelas bahasa Indonesia saya di JLC, mungkin udah sekitar 2 atau 3 tahun-an. Baru kali ini kami ketemu secara fisik. Wah senang banget ya. Dia bilang kalo di kelas online dia bisa ngobrol seperti biasa dengan saya, tapi kalo ketemu langsung dia gugup. Terus dia bawa oleh-oleh banyak banget. Salah satunya adalah kaos ini. Ini kaosnya bagus banget! Ada tulisan Tempuranya. Terus bahannya halus banget. Kaosnya enak dipake. Terus dia bawain coklat Meiji juga. Keluarga saya senang banget coklat ini. Untuk murid JLC yang kemarin ketemu, makasih banyak ya!

単語

Gym: ジム

Ngajuin/Mengajukan: 進める

Proposal: 案

Permintaan: 依頼

Izin: 許可

Daftar: 申し込む

Rutin: 定期的

Awalnya: 最初は

Biaya bulanan: 月額費用

Setujui: ~に対して賛成であること

Angin-anginan: 変わりやすい

Bawain/Bawakan: ~を持ってきてくれる

Berkuah: 汁がある

Lobak: 大根

Hangat: 温かい

Tekstur: 食感

Kenyal: もちもち

Renyah: シャキシャキ

Ebi: 

Gugup: 緊張する

Bahan: 生地

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。