バリ交流会の場所が決まりました!一緒に楽しみましょう!

Hari ke-327 : Mulai banyak penjual kambing di pinggir jalan(道端でヤギを売る人が大勢出現しだした)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Minggu ini orang Islam bakal rayain Idul Adha. Tahun ini hari Idul Adha jatuh di hari Senin dan Selasa tanggal 17 dan 18 Juni kemarin. Minggu kemarin di jalan mulai muncul banyak penjual kambing dan sapi. Saya sempat mampir ke salah satu lapak dan tanya-tanya.

Di lapak itu ada 2 jenis kambing. Ada Domba dan ada Kambing Etawa. Seperti yang kalian lihat, kalo kambing Etawa kelihatan lebih tinggi, terus kepala dan tanduknya kecil. Kambing Etawa ini harganya lebih mahal dari pada domba lho. Kalau domba kisaran harganya antara 2,8 juta sampai 4 juta. Nah kalo kisaran harga kambing Etawa itu antara 4 sampai 7 juta.

Terus kemarin tiba-tiba istri nelpon pas saya lagi kuliah. Istri saya itu hampir nggak pernah nelpon, jadi kalo dia nelepon, berarti ada hal yang darurat. Pas saya angkat, ternyata masalah gas. Gas di rumah habis, jadi dia nggak bisa masak. Habis kuliah saya buru-buru naik Gojek ke rumah. Pas sampe di rumah saya langsung pasang gasnya dan istri bisa pakai kompor lagi. Di Indonesia ada rumah yang sudah pakai saluran gas seperti di Jepang, tapi kebanyakan masih pakai tabung gas seperti di rumah saya. Pasang regulator gas itu hal yang susah. Jangankan istri saya, saya sendiri kadang suka gagal pasang regulatornya lho. Kalo kalian yang tinggal di Indonesia gimana? Bisa atau nggak pasang regulator gas?

Minggu kemarin saya harus pergi ke kelurahan untuk urus kepindahan alamat. Saya diminta untuk mengubah alamat rumah oleh ketua RT di alamat saya yang lama. Dia minta begitu karena memang udah nggak sesuai aja antara data di dokumen dengan kenyataannya. Minggu kemarin itu saya bolak-balik ke kelurahan sampe 3 kali lho. Sekarang akhirnya alamat saya udah sesuai dengan kenyataan hehehe. Urusan kependudukan kaya gini dulu susah banget. Terus kadang ada pungutan liar di kelurahan, tapi sekarang udah beda. Walaupun saya bolak balik 3 kali, tapi semua lancar-lancar aja dan nggak ada pungutan liar.

単語

Penjual: ~屋さん
Kambing: ヤギ
Domba: 羊
Idul Adha: 犠牲祭
Lapak: 売り場
Tanya-tanya: 聞き込みをする、色々尋ねる
Tanduk: 角
Kisaran: 相場
Kuliah: 授業に出る、授業をする
Darurat: 緊急事態
Buru-buru: 急いで
Pasang: 取り付ける、設置する
Regulator gas: ガスのレギュレーター
Gagal: 失敗する
Kelurahan: 市役所
Mengubah alamat: 住所変更をする
Ketua RT: 隣組の会長
Kenyataan: 現実
Sesuai: 合っている
Bolak-balik: 行き来する
Kependudukan: 住民関係
Pungutan liar: 不当徴収金、強制される手数料
Lancar: スムーズ

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。