未経験から始める3か月の独学学習教材

Hari ke-322 : Saya buat komunitas 多読/Tadoku di kampus

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Akhirnya saya bisa buat komunitas baca buku di tempat kerja saya. Saya sebenarnya udah lama mau buat komunitas ini, tapi selalu nggak sempat. Kemarin akhirnya saya bisa buat 3 kali sesi baca di perpustakaan kecil yang ada di kampus. Perpustakaan di kampus saya ada 2.

Ada perpustakaan utama, terus ada juga perpustakaan kecil yang namanya Komaru Bunko. Buku-buku yang ada di sini sebagian besar adalah sumbangan dari yayasan lalu lintas Komaru. Apa kalian tahu yayasan itu? Saya senang soalnya peserta sesi baca makin banyak di setiap pelaksanaan.

Terus saya lagi suka banget dengan mie instan yang ini. Merek mie instannya Arirang, terus rasanya itu adalah rasa Black Garlic. Saking enaknya saya sampe langsung pesan 5 bungkus lewat toko online lho. Harganya emang lumayan mahal dibanding sama mie instan dari Indonesia, tapi rasanya emang enak banget. Selain rasanya pas di lidah saya, tekstur mienya juga ok banget. Teksturnya itu ada di tengah antara kenyal dengan lembut. Pokoknya teksturnya itu enak banget untuk diseruput deh. Oh ya, saya beli di toko online soalnya kalo ke supermarket, mie ini selalu habis lho.

Nah bulan ini adalah waktu saya untuk bayar pajak motor. Saya hampir lupa, tapi saya ingat tentang pajak motor ini pas lagi siapin motor pas mau antar Najmah ke sekolah. Di plat nomornya tertulis angka 5 dan 24. Itu berarti masa berlaku pajak motor saya selesai di bulan Mei tahun 2024. Seperti biasa saya mau bayar pajak lewat biro jasa, tapi pas kemarin saya ke kantor mereka, ternyata tutup. Saya kesel banget soalnya pas hubungi lewat WhatsApp, mereka bilang kalo kantor mereka buka. Pas saya cek lagi ternyata pesan WhatsAppnya adalah pesan otomatis. Sebel banget!

単語

Komunitas: コミュニティー
Baca buku: 読書
Sempat: 余裕がある
Perpustakaan: 図書館、図書室
Utama: メイン
Sumbangan: 寄付
Yayasan: 財団
Pelaksanaan: 実施
Rasa: 味
Saking enaknya: あまりにも美味しい
Bungkus: パック、1人前
Pas di lidah: 口に合う
Tekstur: 食感
Kenyal: モチモチする
Lembut: やわらかい
Seruput: ススる
Habis: 売り切れ
Pajak: 税金
Siapin/Siapkan: 用意する
Masa berlaku: 有効期限
Biro jasa: 代行サービス屋さん

2 COMMENTS

Tetsuma

Kenalkan,saya tetsuma.
Pak Hari,terima kasih atas video yang bagus selalu.
Mohon maaf,saya bicara bahasa Jepang dari sini.
私は今、インドネシアのYouTuberを見るために勉強しています。
今回の動画を字幕無しで理解出来るのはどのくらいのレベルなのでしょうか?インドネシア語検定C級で可能でしょうか?

Hormat saya.

返信する
TAIKI

Perkenalkan saya Taiki.
Terima kasih Tetuma san!

C級であればこちらのYouTubeは十分理解できるかと思います。ハリ講師はより日常に近い表現を使っているのできっとYouTuberさんのインドネシア語も理解しやすいと思います!

返信する

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。