未経験者から始める3か月の動画学習コンテンツ

Hari ke-318 : Lebaran di Cirebon(チレボンでレバラン)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Minggu kemarin saya dan keluarga putusin untuk mudik ke Cirebon lho. Saya dan istri mendadak putusin untuk mudik karena kebetulan dapat mobil rental yang harganya terjangkau.

Sebelum mudik, istri ajak beli baju baru untuk anak-anak. Lebaran di Indonesia identik dengan baju baru, kalo bajunya nggak baru, kayanya nggak lebaran hehehe. Kami pergi ke mal di Bekasi. Malnya penuh banget. Semua orang berburu baju, celana, sendal, atau sepatu baru untuk lebaran. Biasanya, 1 minggu sebelum hari lebaran banyak diskon juga. Saking padatnya, saya cuma bisa bengong aja.

Saya terakhir mudik ke Cirebon kayanya 2 tahun lalu deh. Waktu itu kami mudik pake kereta pas di hari lebaran. Seperti 2 tahun lalu, tahun ini sebenarnya kami udah bertekad bakal di rumah aja pas lebaran. Tapi karena dapat mobil rental yang murah, jadi akhirnya kami putusin untuk mudik. Baru kali ini kami mudik ke Cirebon pake mobil. Sekarang udah ada jalan tol antara Jakarta dan Cirebon, jadi perjalanannya bisa lebih cepat. Kalo dulu mungkin makan waktu 4-5 jam-an, tapi sekarang cuma perlu waktu 3 jam aja. Karena jalannya lurus terus, jadi Bintang juga nggak mabuk kendaraan. 

Di video sebelumya, saya cerita kalo ada perbedaan di awal bulan puasa antara pemerintah dengan Muhammadiyah. Kalo Muhammadiyah mulai puasa di 11 Maret, tapi kalo pemerintah mulai di 12 Maret. Awal bulan puasanya beda, tapi ternyata hari lebarannya sama lho. Tahun ini, pemerintah dan Muhammadiyah kompak putusin hari lebaran jatuh di 10 April. Hal yang pertama kali dilakuin pas hari lebaran adalah sholat Ied. Solat ini dilakuin bareng di masjid besar sekitar jam 7 pagi. Jumlah orang yang sholat banyak banget, sampe-sampe barisan orang yang sholat itu tumpah ke jalan di depan masjid. Rame banget deh pokoknya.

Lebaran: 断食明け祭り

Putusin/Putuskan: 決める

Mudik: 帰省する

Mendadak: 突然、いきなり、急遽

Terjangkau: 手頃の

Saking: あまりにも~

Bengong: ボーとする

Bertekad: 確信する

Perjalanan: 旅

Mabuk kendaraan: 車酔い

Perbedaan: ギャップ、違い

Beda: 違う、違っている

Kompak: ~を揃える

Tumpah: こぼれる

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。