ジャパネシアの学校「JLC」という「ナゾ組織」について

Hari ke-304 : Banyak atribut kampanye di jalan(道に選挙ポスターがたくさん)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Kemarin saya pesan ramen di Hoka-hoka Bento lho. Nama menunya Hokkaido Miso Ramen. Saya pesan ramen itu karena Taiki pernah bilang kalo ramen itu enak.

Terus pas coba, rasanya emang enak ya. Untuk kalian yang ada di Indonesia, kayanya harus coba nih. Terus kalo udah coba, kasih tahu ke saya ya pendapat kalian tentang ramen itu. Rasanya sih emang enak ya, tapi sayang banget, porsinya kecil banget. Taiki cerita kalo dia pesan ramen itu yang ukurannya paling besar. Terus kata dia, ukuran yang besar itu juga masih kecil buat dia. Waktu kemarin saya pesan ukuran standar dan emang kecil banget sih porsinya.

Terus, di Indonesia ada satu restoran mie yang lagi terkenal. Nama restorannya itu “Mie Gacoan”. Kata “Gacoan” itu berasal dari bahasa betawi yang artinya “Jagoan”. “Jagoan” itu artinya tokoh baik dan kuat di film, misalnya kamen rider atau Onizuka sensei di film GTO. Anak saya suka banget mie dari restoran ini. Saya juga jadi penasaran terus pesan deh. Pas sampe, saya kaget soalnya mienya itu sederhana banget. Terus mie ini pedas banget lho. Saya pesan mie yang pedasnya level 1, tapi pedas banget. Di dalam mienya nggak ada sayuran, nggak ada telor atau daging. Cuma ada pangsit goreng aja. Walaupun penampilannya gini, tapi restorannya selalu rame lho.

Sekarang di Indonesia sudah masuk masa kampanye untuk pemilu di Februari. Di pemilu nanti, orang Indonesia bukan cuma milih presiden dan wakilnya aja, tapi bakal milih wakil mereka di Dewan Perwakilan Rakyat juga lho. Nah karena itu, kita bisa lihat banyak atribut kampanye di mana-mana. Untuk kalian yang tinggal di Indonesia, mungkin kalian bisa lihat atribut kampanye ini di pinggir jalan. Ada banyak banget. Ada yang besar, ada yang kecil. Saya paling nggak suka lihat atribut kampanye ini soalnya bikin kotor. Suasana di jalan makin semrawut. Saya berharap ke depannya cara kampanye di Indonesia bisa berubah. Harusnya ada cara lain yang lebih enak dilihat. 

  • Atribut: 道具、設備、装備、文書図画
  • Kampanye: キャンペーン、選挙運動
  • Pendapat kalian: ご意見
  • Porsi: 容量、1人分
  • Jagoan: 正義の味方
  • Penasaran: 気になる
  • Sederhana: シンプル、素朴な
  • Pangsit: ワンタン
  • Penampilan: 見た目、外見
  • Dewan Perwakilan Rakyat: 衆議院
  • Kotor: 汚い
  • Semrawut: ごちゃごちゃ
  • Enak dilihat: 見やすい、見ても問題ない状態

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。