ジャパネシアの学校「JLC」という「ナゾ組織」について

Hari ke-298:Baca Pesan dari Pak Fukuda Yasuo di Wisuda

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Kemarin-kemarin kan saya baru ganti ban sepeda ya? Nah ban sepeda yang lamanya saya saya kasih ke orang. Buat saya sih udah nggak layak pake, tapi kayanya buat orang lain masih bisa kepake.

Saya tawarin lewat komunitas sepeda di Facebook. Begitu ditawarin, langsung ada beberapa orang yang hubungi saya langsung. Total ban yang saya kasih ada 3. Saya kasih ban-ban itu ke 2 orang. Saya ketemu langsung dengan 2 orang itu dan kasih bannya. Saya ketemuan dengan 1 orang di mini market dekat rumah, terus 1 orang lagi ketemu di kampus.

Terus minggu kemarin ada wisuda di kampus saya. Tahun ini saya diminta untuk baca ucapan selamat dari mantan perdana menteri Jepang, bapak Fukuda Yasuo. Di awal, katanya bakal ada video ucapan selamat dari beliau, tapi ternyata nggak ada. Pihak bapak Fukuda cuma kasih ucapan selamat secara tertulis. Terus, pihak kampus nunjuk saya sebagai pembaca ucapan selamat itu. Terus sebelum wisuda, di kampus diadakan gladi bersih beberapa kali. Saya juga ikutan, tapi karena pas gladi bersih, tulisan ucapan selamat dari bapak Fukuda belum sampai, jadi saya nggak ngapa-ngapain deh.

Oh ya, minggu kemarin SIM saya udah nggak berlaku lagi, jadi saya harus perpanjang. Perpanjangnya lewat aplikasi secara online, tapi saya harus tes fisik dengan datang langsung ke rumah sakit yang ditunjuk. Tes fisiknya itu cuma ngecek kondisi kesehatan mata aja sih, jadi nggak lama. Untuk pengecekannya itu untuk kemampuan jarak jauh, jadi masih bisa lulus. Coba pengecekannya untuk jarak dekat, pasti saya nggak lulus hehehe. Pas pulang saya kaget dengan struktur bangunan gedung parkir motor rumah sakit. Turunan dari tempat parkir itu curam banget. Kalo nggak pintar naik motor, kayanya bisa jatuh deh. 

  • Kepake/Terpakai: 使われる/使える
  • Tawarin/Tawarkan: 勧める
  • Ketemuan/Bertemu: 待ち合せをする
  • Ucapan selamat: お祝いのメッセージ
  • Tertulis: 文書の形
  • Nunjuk/Menunjuk: 指名する
  • Gladi bersih: リハーサル
  • Berlaku: 有効
  • Perpanjang: 更新する
  • Tes fisik: 身体能力テスト
  • Ngecek/Mengecek: テストする、確認する、チェックする
  • Turunan: 坂
  • Curam: 急な

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。