ジャパネシアの学校「JLC」という「ナゾ組織」について

Hari ke-292 : Istri keracunan tempe(妻がテンペ中毒に)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Kemarin pas saya lagi kerja, istri saya tiba-tiba kirim pesan lewat WA dan bilang ke saya untuk jangan makan tempe goreng yang ada di dalam bekal. Terus dia jelasin kalo waktu itu perutnya sakit dan agak mual.

Terus dia juga bilang kalo ada kemungkinan dia keracunan tempe goreng yang paginya dia buat. Hari itu saya pulang agak cepat soalnya khawatir banget. Pas di rumah, saya cobain tempe goreng itu. Pas dimakan emang ada bagian dalam tempe yang kayanya berlendir. Begitu tahu ada lendirnya, saya langsung muntahin lagi tempe itu.

Terus, kemarin saya dapat honor karena jadi pembicara di webinar yang diadain oleh mahasiswa. Honornya itu dimasukin ke dalam amplop. Nah pas sampe rumah, saya kasih amplop itu ke istri saya. Pas istri sobek amplopnya, ternyata 1 lembar uang yang ada di dalam amplop itu ikut kesobek. Uang yang kesobek itu uang pecahan 20 ribu. Kalau uang kaya gini di Indonesia biasanya diperbaiki dengan cara disambung lagi pake selotip. Saya juga begitu. Saya coba sambung lagi uangnya, tapi agak susah soalnya bagian yang kesobek itu di bagian pinggir banget. Hasilnya lumayan lah. Bisa dipake lagi kayanya hehehe. 

Terus, kemarin mahasiswa saya cerita kalo dia dapat surat dari orang Jepang. Jadi semester kemarin saya ngajar di mata kuliah Nihongo Buntsu atau Korespondensi Bahasa Jepang. Nah di mata kuliah itu, saya minta semua mahasiswa untuk daftar di program Pen Friends of Japan yang ada di situsnya kantor pos Jepang. Kalo nggak salah daftarnya di bulan Juli kemarin. Terus setelah 2 bulanan, ternyata ada mahasiswa yang dapat surat dari orang Jepang. Dia keliatan senang banget bisa berhubungan langsung dengan orang Jepang. Saya juga ikut daftar sih, tapi belum dapat surat dari orang Jepang nih hehehe. 

  • Keracunan: 食中毒
  • Bekal: お弁当
  • Jelasin/Jelaskan: 説明する
  • Cobain/Mencobai: ~を試す
  • Berlendir: トロっとしている
  • Muntahun/Muntahkan: 吐いて出す
  • Pembicara: 発表者
  • Honor: 謝礼
  • Dimasukin/Dimasukkan: 入れる
  • Sobek: 破る
  • Kesobek/Tersobek: 破れている
  • Sambung: 繋ぐ
  • Pinggir: 端っこ
  • Ngajar/Mengajar: 授業で教える
  • Daftar: 申し込む

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。