12月18日交流会を行います!

Hari ke-241 Raket nyamuk beraksi kembali (電撃殺虫ラケットが再始動)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Akhir-akhir ini, jalan di depan kampus tempat saya kerja selalu macet. Penyebabnya itu, karena ada pembangunan saluran air di salah satu bagian jalan. Jadi, karena pembangunan itu, ada sebagian jalan yang dijadiin jalan satu arah. Nah gara-gara itu, jadi macet deh.

Sebenarnya saluran air di sekitar situ udah ada, tapi kayanya kekecilan. Kan sekarang udah masuk musim hujan, mungkin saluran airnya dibangun lagi supaya nggak banjir ya. Anehnya itu kok pembangunannya pas udah masuk musim hujan ya? Kan jadi repot.

Terus, sekarang saya mulai pake raket nyamuk lagi di rumah. Kalau udah masuk musim hujan, telor-telor nyamuk netas terus jadi banyak nyamuk. Di rumah saya nggak pasang obat nyamuk soalnya anak dan istri saya hidungnya sensitif. Mereka bisa sakit tenggorokan kalau nyium bau obat nyamuk. Raket nyamuk ini saya beli tahun kemarin. Lumayan lama nggak dipake. Awalnya saya pikir rusak, tapi ternyata masih berfungsi. Orang yang biasa patroli cari nyamuk adalah saya dan Bintang. Biasanya kami cari nyamuk di baju yang digantung atau di sekitar benda-benda yang warnanya gelap.

Nah ini sih nggak ada kaitannya dengan musim hujan ya. Mungkin saya pernah cerita tentang Nasi Goreng Hijau ini ya. Ini adalah nasi goreng favorit di tempat kerja saya. Warna hijaunya ini kayanya berasal dari cabe hijau dan sayuran. Walaupun namanya cabe, tapi cabe yang namanya cabe hijau itu sebenarnya nggak terlalu pedas lho. Mungkin sama dengan paprika hijau di Jepang ya. Kalau kalian lihat baik-baik, di dalam nasi goreng ini ada ikan terinya lho. Mungkin ini yang bikin nasi goreng ini jadi lebih enak. Kalau kalian main ke kampus saya, silakan coba nasi goreng ini ya.

覚えたい単語!
  • Raket nyamuk: 電撃殺虫ラケット
  • Jalan: 道路
  • Pembangunan: 建設、工事
  • Saluran air: 水道
  • Jalan satu arah: 一方通行道路
  • Kekecilan: 小さすぎる
  • Banjir: 洪水
  • Netas/Menetas: 孵化する
  • Pasang obat nyamuk: 蚊取り線香を焚く
  • Sensitif: 敏感
  • Nyium/Mencium: 嗅ぐ
  • Berfungsi: 機能している
  • Patroli: 取り締まる
  • Baju yang digantung: (ハンガーなどに)かかっている服
  • Favorit: 人気の
  • Ikan teri: しらす

Harinya Japanesia完全版はこちら

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。