未経験者・入門者向け教材「キックジャパネシア」がJLC会員さまでも使える!

Hari ke-204 Tentang masa Tokyo(ハリの東京時代について)

Halo semua, apa kabarnya? Di Jepang kayanya masih dingin, jadi jaga kesehatan ya.

Minggu kemarin atap rumah saya yang waktu itu berjamur kondisinya makin parah. Ternyata jamurnya itu bukan karena sirkulasi udara yang nggak bagus, tapi karena di atas atap rumah ada genangan air. Saya coba ngobrol dengan pemilik rumah mengenai keadaan atap. Terus pemilik rumah bilang bahwa dia akan segera perbaiki atapnya. Minggu kemarin atapnya sudah diperbaiki dan kelihatannya sudah OK.

Terus, minyak pelumas untuk rantai sepeda saya habis nih. Saya mau beli tapi kalau pelumas rantai untuk sepeda itu agak mahal ya. Saya cek pelumas rantai yang biasa saya pakai harganya sekitar Rp. 200 ribu-an. Waktu saya baca artikel di komunitas sepeda di Facebook, ada tulisan tentang orang yang pakai pelumas untuk mesin jahit. Merek pelumasnya “Singer”. Kayanya kalian juga tahu deh merek ini. Katanya sih bagus juga untuk rantai sepeda. Harganya juga murah banget lho, cuma Rp. 6000 aja.

Nah kalau minggu lalu saya kasih lihat kue Cucur, kali ini saya kasih lihat kue yang lain. Namanya Jipang Kacang. Teman kerja saya yang asalnya dari Jawa Tengah bawa makanan ini sebagai oleh-oleh. Kalau dilihat, bahannya sederhana banget ya. Cuma kacang dan gula merah aja lho. Rasanya enak banget. Ada tekstur renyah dari kacang dan ada tekstur kenyal dari gula merahnya. Tapi pas ngunyah, gula merahnya nempel-nempel di gigi nih. Tapi emang enak banget sih.

覚えたい単語!
  • Perbaikan: 修理
  • Jaga kesehatan: 健康に気を付ける
  • Atap rumah: 屋根
  • Berjamur: カビが生えている
  • Parah: ひどい
  • Sirkulasi udara: 空気の流れ、循環
  • Genangan air: 水たまり
  • Ngobrol: Mengobrol: 話す
  • Pemilik rumah: 大家さん
  • Segera: すぐに、早めに
  • Pelumas: 潤滑油
  • Rantai: チェーン
  • Artikel: 記事、投稿
  • Tulisan: 書き物、文章、投稿
  • Mesin jahit: ミシン
  • Oleh-oleh: お土産
  • Bahan: 材料
  • Sederhana: シンプル
  • Kacang: ピーナツ
  • Gula merah: ブラウンシュガー
  • Renyah: パリパリ(ピーナツの食感)
  • Kenyal: 歯ごたえがある状態、もちもち
  • Ngunyah: Mengunyah: 噛む
  • Nempel: Menempel: くっつく、くっついている
  • Gigi: 歯
  • Emang: Memang: 確かに

Harinya Japanesia完全版はこちら

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。