マンツーマンレッスン講師が大幅に増えています。

Hari ke-189 Pasar Kaget dan Pasar Tumpuh(いきなり市場とこぼれ市場)

Halo semua, apa kabarnya? Minggu kemarin saya lebih banyak kerja di rumah karena lagi nggak enak badan. Kalau kalian gimana? Jaga kesehatan ya, jangan sampai kaya saya hehehe.

Minggu kemarin istri saya beli makanan kucing banyak banget. Sebenarnya dia yang paling nggak suka dengan kucing karena teras rumah jadi kotor dan bau karena kucing. Dia beli makanan kucing sebanyak itu karena harganya murah. Kebetulan ibu dari teman Najmah jual makanan dengan harga miring, jadi istri saya beli banyak deh.

Terus, minggu kemarin saya beli botol untuk keperluan saya di toilet. Mungkin dulu saya pernah cerita tentang botol ini ya. Dulu waktu di Jepang toilet saya bukan toilet yang bagus, jadi nggak ada fungsi washletnya. Nah dulu saya pakai botol ini sebagai portable washlet. Saya udah pakai botol ini sekitar 5 tahun dan kondisinya udah kotor. Sebenarnya botol yang lama saya cuci juga, tapi mungkin karena udah terlalu lama, jadi kotorannya nggak hilang. Botol yang baru lebih besar, mungkin agak susah dipakai ya.


Oh ya, waktu saya berangkat ke kampus naik sepeda, saya lihat udah banyak anak-anak yang pergi ke sekolah lho. Di jalan saya juga lihat ibu atau bapak yang antar anak mereka pakai motor. Anak saya juga akhirnya bisa ketemu dengan temannya di sekolah lho, tapi nggak setiap hari sih. Katanya jadwal belajar tatap mukanya cuma 1 minggu 1 kali aja. Hal ini berpengaruh juga ke kerjaan saya lho. Waktu ada rapat online di kampus, ada juga teman saya yang ikut rapat dari sekolah anaknya karena harus antar-jemput.

覚えたい単語!
  • Tatap muka: 対面
  • Nggak enak badan: Tidak enak badan: 体調を崩す
  • Kotor: 汚れている、汚い
  • Bau: 匂っている
  • Harga miring: 安い値段
  • Antar: 送る
  • Jadwal: スケジュール
  • Berpengaruh: 影響を与える
  • Kerjaan: Pekerjaan: 仕事、やること
  • Antar-jemput: 送迎、送り迎え

JLC会員の方は会員サイトより文字起こし日本語訳付きの完全版をご利用ください。

4 COMMENTS

Yuka.t

Halo, Pak Hari.
Waktu di Indonesia saya melihat odong-odong yang seperti komidi putar setiap hari Minggu. Sayangnya tempat saya telah tinggal itu bukan kota besar, jadi saya tidak pernah melihat odong-odong yang seperti kereta. Setiap Hari Minggu Dari 6:00 hingga 9:00 di Alun-Alun ada pasar pagi(?) atau Car-Free-Day dan saya sukai komidi putar lucu di sana yang tukang odong-odongnya dikayuh pedal. Ah saya rindukannya.
Mainan odong-odong untuk anak ada sering di tatap toko serba besar Jepang. Bentuknya misalnya Doraemon, pahlawan Anime , Panda dan Shinkansen. Anak-anak saya suka naik odong-odong kaya gini waktu kecil seperti Bintang-chan.
️Karena Pandemi, saya khawatir jika pasar pagi di Alun-Alun masih dilakukan atau tidak.
Yuka.t

返信する
Hari Setiawan

Halo Yuka san makasih komentarnya. Senang banget bisa baca komentarnya Yuka san lagi.

Oh dulu Yuka san pernah lihat-lihat pasar kaget ya. Memang di setiap daerah pasti ada. Pasar kaget atau pasar malam itu hiburan murah untuk rakyat.

Saya juga pernah lihat odong-odong di pusat perbelanjaan besar di Jepang.

Kalau sekarang kaya sudah ada tempat yang adakan pasar kaget lagi, tapi sebelumnya sih pemerintah melarang.

返信する
Yuka.t

Halo, Pak Hari, terima kasih atas balasannya. Saya juga senang banget bisa kirim komentar ke kamu lagi. Baru-baru ini  ada banyak pekerjaan saya dan tidak ada banyak waktu membaca harian kamu T_T
Oh ya, saya mau memperkenalkan kamu ke video yang baru. Namanya ”やさしい せかい” → https://www.youtube.com/watch?v=2fYxhoUwqAg
Semoga pekerjaan Pak Hari berjalan lancar^^/

返信する
Hari Setiawan

Makasih balasannya Yuka san. Ya nggak apa-apa makasih sudah luangkan waktu baca tulisan saya.

Videonya bagus banget, nanti saya share ke mahasiswa saya ya. Semoga pekerjaan Yuka san juga lancar ^^

返信する

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。