未経験者から始める3か月の動画学習コンテンツ

【上級者/B級レベル向け】動画+記事の多角学習法 ke-3

こちらの記事は上級者向け、検定で言えばB級ぐらいと思います。B級になると様々な役職を覚えなければならないし、いろんな略語を覚えなければなりません。政治的な話も多くなります。というわけで、今回は一つ動画を取り上げて、それを文字起こしし、さらにその動画のニュースに関する記事紹介しています。

 

難しい単語が出てきますが、動画⁺記事を読むことができれば、かなり上達できるはずですので、最初は難しくても、単語を確認して、シャドーイング練習もしてみてください。

 

※YouTube動画はYouTubeプレミアムでオフラインでも視聴やリスニングができますので学習にはおすすめです。

※文字起こしはもしかしたら間違いを含んでいるかもしれません、もし間違いがあれば教えてください。

 

 

6:11ごろ~

 

Pak, Luhut, kenapa tidak langsung ke Pak Menkes Kementerian kesehatan(厚生大臣) Terawan, kementerian teknis専門的な省庁kementerian teknis kesehatan yang justru逆に punya perangkatシステム sampai ke daerah Pak?

Karena ini menkoordinasikan banyak, bukan hanya menteri kesehatan, ada dari kodam軍の管轄区の司令官 komandan(司令官)、daerah、militer(軍)の略, ada dari Polri国家警察 ※kepolisian(警察軍) Republik Indonesiaの略, ada dari juga satgas特別編集チーム ※satuan(部隊)、tugasの略, ini kan bisa disatukan mungkin presiden melihat untuk lebih cepat, lebih efektif, saya ditugasin tapi kan sebentar lagi sudah kelas bagi 3 yang saya baru tahu strategi besar kita itu, penanganan対策、対応 rumah sakit, penangganan dari karantina隔離所 dan penanganan dari masalah lebih hulu始まり 類:awal ya itu dari sosialisasi, protokol kesehatan, kalo itu sudah mulai jalan.

Kemarin di Bogor saya udah lapor presiden sepertinya udah mulai jalan, nanti apa namanya… menyangkut~巻き込む 類:terlibat、tentangでも通じます。 masalah perbaikan di rumah sakit, pera…  standarisasi標準化 obat, kemudian protokol di rumah sakit, kerangka骨組み、フレーム ※死骸の意味もあるがここでは違う apa yang di rumah sakit, jalan ya, ya itu urusan menteri kesehatan.

Begitu juga degan karantina, itu juga urusan menjadi kesehatan mengkin ada sedikit nanti masuk satgas, nanti menyangkut masalah hulu.

Bagaimana tadi mengkoordinasikan dengan apa namanya,,, Polri, TNIインドネシア国軍 ※tentara negara Indonesiaの略, Satpol dengan gubernur semua itu ada di Satgas, tempatnya Doni.

Jadi saya kira sudah mulai terlihat, ini sekarang lebih jelas, lebih jelas artinya pengelompokannya分類、仕分け 原型:kelompok(集団)に共接辞pe-anがついています。 jadi strategi besarnya saya kira sudah kelihatan.

Pak Luhut, saya harus tanya pak, karena yang jelas menunjukan tugas khusus ini yang ah presiden meminta spesifik Anda lakukan. Itu menambah presepsiものの見方、知覚 bahwa “Wah Luhut Binsar Panjaitan itu memang menteri segala urusan, semuanya bisa diurus Pak Luhut.

Bagaimana Pak, atas presepsi dan pandangan publik itu, pak?

Saya ga ada, ngga ada yang salah, presepsi silakan aja haknya orang kan yang penting bisa saya selesaikan atau tidak itu aja.

Saya pikir selama ini yang saya dikerja… diperintahin presiden ya belum ada ya saya yang enggak selesaikan.

Bahwa kemudian menjadi perbincangan Pak Luhut itu sangat powerful, sangat berkuasa, sudah, tahapnya sudah gelar肩書 harusnya perdana menteri.

Apakah Anda aware Pak atas ah pandangan pandangan itu soal betapa orang melihat Luhut Binsar Panjaitan itu berpengaruh sekali?

Ya, kan Anda lihat, saya biasa aja, apa yang ada… berubah dari saya, kan enggak ada, dari jaman dulu orang kenal saya, dari saya masih aktif di tentara, saya berdagang saya begini ya enggak pernah, iya saya… biasa aja.. enggak Anda protokol yang berubah pada diri saya gaya saya, istri saya hidup saya, ngga ada masalah?.

Saya ngga merasa itu,, ada yang lebih ya, saya hanya ngerjakan tugas yang diberikan atasan saya, itu saja.

Jadi merasa,,, ada lebih dari yang lain juga Tidak, karena saya selalu bicara tim, apapun hasilnya ya ini pekerjaan tim.

Iya, kalo gagal tanggung jawab saya.

 

まず、今回はNajiwaさんのこの意見から始まりました。

 

Pak, Luhut, kenapa tidak langsung ke Pak Menkes?Kementerian kesehatan Terawan, kementerian teknis kementerian teknis kesehatan yang justru punya perangkat sampai ke daerah Pak?

 

と聞いています。

※ちなみにTerawanさんは、厚生省に任命されていましたが、その後クビになっています。

 

その記事はこちらです。

 

参考 BREAKING NEWS: Copot Terawan, Jokowi Tunjuk Budi Gunadi Sadikin sebagai MenkesKompas

 

「Kompasの記事の最初の文章=Presiden Joko Widodo menunjuk Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan RI menggantikan Terawan Agus Putranto.=ジョコウィ大統領は、厚生大臣としてTewaran Agus Putrantoの代わりにBudi Gunadi Sadikin sebagaiを指名」

 

それに対してLuhutさんはこう返答しています。

 

Karena ini menkoordinasikan banyak, bukan hanya menteri kesehatan, ada dari kodam, ada dari Polri, ada dari juga satgas, ini kan bisa disatukan mungkin presiden melihat untuk lebih cepat, lebih efektif saya ditugasin…

 

多くのことを(様々な組織を束ねて)調整しなければならない、厚生省だけではなく、軍管区の司令部があれば、インドネシア国家警察もあれば、特別部隊(Satgas)もある、これを一つにしなきゃいけない、大統領はおそらく私を任命することでより効率的、より早く仕事が回るとみている。

 

といった具合でしょうか。

 

そこからしばらくLuhutさんの説明が続き、

 

最終部分で少し話題が変わります。Najiwaさんがこう問いかけます。

 

Bahwa kemudian menjadi perbincangan Pak Luhut itu sangat powerful, sangat berkuasa, sudah, tahapnya sudah gelar harusnya perdana menteri.

Apakah Anda aware Pak atas ah pandangan pandangan itu soal betapa orang melihat Luhut Binsar Panjaitan itu berpengaruh sekali?

 

簡単に言えば、Kuhutさんはめっちゃパワフルで、権力もあるし、大統領ぐらいの権力ぐらいあるよね、その影響力をすでに有していることにあなたは気づいていますか?と問いかけています。

 

それに対して

 

Ya, kan Anda lihat, saya biasa aja, apa yang ada… berubah dari saya, kan enggak ada, dari jaman dulu orang kenal saya, dari saya masih aktif di tentara, saya berdagang saya begini ya enggak pernah, iya saya… biasa aja..

 

昔から変わってないよ、軍で活動してた時からも、こんな感じでやってきたし、(自分の態度)は普通で今まで通りなんだ。

 

と答えています。

 

今回はざっくりこういった内容でした。

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。