未経験者から始める3か月の動画学習コンテンツ

【上級者/B級レベル向け】動画+記事の多角学習法 ke-2

こちらの記事は上級者向け、検定で言えばB級ぐらいと思います。B級になると様々な役職を覚えなければならないし、いろんな略語を覚えなければなりません。政治的な話も多くなります。というわけで、今回は一つ動画を取り上げて、それを文字起こしし、さらにその動画のニュースに関する記事紹介しています。

 

難しい単語が出てきますが、動画⁺記事を読むことができれば、かなり上達できるはずですので、最初は難しくても、単語を確認して、シャドーイング練習もしてみてください。

 

※YouTube動画はYouTubeプレミアムでオフラインでも視聴やリスニングができますので学習にはおすすめです。

※文字起こしはもしかしたら間違いを含んでいるかもしれません、もし間違いがあれば教えてください。

 

 

3:10ごろ~

 

 

Dan saat ini sudah satu minggu berjalan, apa saja gebrakan一撃、インパクト ※原型:gebrak(強くたたく) Pak menko, saya sudah terhubung dengan menteri koordinator調整大臣 略:menko di bidang kemartiman dan investasiKementerian Koordinator(調整大臣)+Kemaritiman dan Investasi(海洋と投資)の略語 Luhut Binsar Panjaitan.

Selamat malam pak Luhut, terma kasih waktu Anda untuk kami malam ini pak.

Selamat malam, Najwa.

Pak Luhut presiden Jokowi menunjuk Anda menangani covid di sembilan provinsi prioritas dan targetnya yang diberikan juga yang sangat spesifik明快な、はっきりと限定された pak dalam dua minggu harus turun angka positif, angka kematian, meningkat angka yang sembuh.

Apa latar belakang背景 ※latar(背景)、belakang(後ろ、裏) penunjukkan tugas yang sangat spesifik ini Pak Luhut.

Iya presiden mungkin melihat biar saya mencoba menkoordinasikan~を調整する、~を調節する ※koordinasi(調整する) atau menyusun dan menkoordinasikan, ini menyusun strategi戦略を練る(策定する) ※menyusun~(~を編纂する)、strategi(戦略) dan menkoordinasikan semua elemen eleman dalam ya, dan kemarin Najwa kan sudah lihat sendiri bahwa, saya kira kami sudah ketemu bentuknya骨組み ※つまりketemu bentuknyaで戦略が大まかにできてきたということ jadi sekarang kita mulai mengerjakannya dan saya pikir dalam satu minggu atau 10 hari ke depan. Mudah-mudahan kita akan mulai kelihatan hasilnya tentu, tidak akan spekular, spektakuler壮大な、華々しい.

Kalo kita bisa maintain維持する dulu, sebenarnya dengan baik sambil assessment評価 イ:penilaian tadi dalam apa… Tiga bulan ke depan masa kritis, kita bisa bertindak dengan baik sehingga sampai nanti vaksin kita berharap bulan Desember sudah mulai bisa disuntikkan注射される、予防接種される ※原型:suntik(注射) kepada rakyat kita.

Pak Luhut, sebelum masuk ke langkah-langkah strategis yang Anda ambil, soal penunjukan tim ini pak, kita tau, kritikan kritikan批判 ※複数 muncul?

Karena kan sudah ada tim komite yang dibentuk, yang di ketuai長/リーダーになる ※原型:tua(年を取った) oleh Pak menko yang lain. Pak Menteri Airlangga.

Anda pun masuk dalam komite itu masuk sebagai wakil ketua副委員長.

Kenapa kini komandannya司令官、指揮官 berbeda Pak Luhut?

Ngga, ngga ada yang berbeda.

Saya kan wakil ketua, jadi spesifik kan itu dalam organisasi sangat biasa jadi saya sebagai wakil ketua, presiden kasih case supaya lebih fokus, kan fokus detail Pak Luhut aja dulu ngurusin ini. Yang ini saja gitu.

Dan saya kira biasa dalam satu operasi militer pun tiba-tiba ada special mission gitu, si komandannya bisa aja nunjuk orang di dalam untuk mimpin itu.

Tapi rantai鎖、結びつき komandonya sama pak Luhut? Rantai komandonya jadi bapak melapornya ke pak menko atau langsung ke pak presiden?

Saya ke menko biasa kan kami setiap hari minggu laporan apa ada rapat di kantor menko, ya saya lapor disitu.

Kemarin saya lapor apa yang sudah saya lakukan, iya, ngga ada yang aneh kok.

Ah kemudian…[tidak ada organisasi baru juga, orang saya bilang ke Najwa yang sudah lihat, yang bantu saya cuman paling berapa, 6, 7 orang kali?

Ngga ada, karena ngga ada yang aneh ada yang juga karena semua sistem udah ada, hanya kita lebih fokus melihat ini nah sekarang kemarin Najwa sudah lihat sendiri apa yang sudah kita lakukan jadi saya lihat iya, kalo ini bisa jalan dengan baik mestinya~するのは当然、~するのは当たり前 sih akan baik.

 

今回Najiwaさんがツッコみたい部分はここかと思います。

 

「Pak Luhut, sebelum masuk ke langkah-langkah strategis yang Anda ambil, soal penunjukan tim ini pak, kita tau, kritikan kritikan批判 ※複数 muncul?」

 

戦略の段階(お話)に入る前に、国民からの批判について聞いています。

 

では何についての批判か、続きはこうなっています。

 

Karena kan sudah ada tim komite yang dibentuk, yang di ketuai長/リーダーになる ※原型:tua(年を取った) oleh Pak menko yang lain. Pak Menteri Airlangga.

 

他のMenko(調整大臣)がすでにリーダーになっているチームがあるでしょう。

 

と言っています。Menteri Airlangga(アイルランガ大臣)が出てきましたね。

 

2020年で御年58歳。

 

Airlanggaさんに関する記事はこちら。

 

参考 Airlangga Pimpin Tim Pemulihan Ekonomi dan Penanganan Covid-19, Ini TugasnyaKOMPAS

 

※この中で彼の役職は「ketua Tim Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi」=「コロナ対策と経済回復チームの委員長」となっています。

 

今回の動画の中ではこのような画像が使われています。Airlanggaさんはいろんなチームのリーダーに任命されています。

 

※すべてCovid19に関するチームです。

 

Anda pun masuk dalam komite itu masuk sebagai wakil ketua副委員長wakil ketua. Kenapa kini komandannya司令官、指揮官 berbeda Pak Luhut?

 

他のコロナ対策チームがすでにあるし。Luhutさんはそのチームに副委員長として入ってるわよね。とNajiwaさん。

 

なんで、指揮官は違ってるの?と追及します。

 

ここで

 

Ngga, ngga ada yang berbeda…..

Dan saya kira biasa dalam satu operasi militer pun tiba-tiba ada special mission gitu,

 

違っているということはなく(中略)
一つの軍事作戦において、突然のスペシャルミッション(今回のコロナ対策の件等)が発生することは当然のことに思う、

 

といっています。

 

つまり、たくさんチームができて、特定のspesifikな分野の特別編性チームができて、特別ミッションを今回のように行うことはいたって自然のことだということです。

 

うーん、今回も難しいですね。「内容が違うよ」、とか、「ここはこうじゃない?」というのがあればぜひコメントに書いてください。

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。