入門者向け基礎から始める3か月学習プログラム

Hari ke-338 : Pelaksanaan lomba pidato bahasa Jepang ke-19(日本語弁論大会の実施)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Akhir-akhir ini tamu yang datang dari Jepang ke kampus makin banyak. Kemarin ada kunjungan dari salah satu universitas yang ada di prefektur Yamaguchi.

Kalo nggak salah, prefektur Yamaguchi itu ada di dekat Hiroshima ya? Kunjungan universitas ini sepertinya baru pertama kali ke Indonesia. Di pertemuan itu kami saling memperkenalkan universitas masing-masing. Di hari itu saya seperti biasa jadi penerjemah untuk pak rektor. Saya sekarang sudah paham apa yang mau pak rektor sampaikan ke tamu. Itu mungkin karena saya sering jadi penerjemah beliau ya. 

Terus di hari Sabtu minggu kemarin ada pelaksanaan lomba pidato bahasa Jepang. Kali ini lomba pidatonya diadakan atas kerjasama dengan universitas Takushoku. Untuk lomba pidato itu saya dapat tugas macam-macam. Salah satunya adalah buat booklet ini. Isi dari booklet ini adalah informasi terkait lomba. Ada nama finalis, judul pidatonya, jadwal kegiatan, dan lain-lain. Saya buat booklet ini sebanyak 200 jilid. Awalnya saya mau pesan ke percetakan, tapi biayanya mahal, jadi ya terpaksa saya cetak pake printer biasa. Walaupun hasil cetakannya kurang bagus, tapi ya lumayan lah. 

Lomba pidato yang diadain dengan Universitas Takushoku ini mungkin jadi lomba pidato bahasa Jepang dengan sejarah terpanjang di Indonesia soalnya udah dilaksanakan sebanyak 19 kali lho. Kayanya di Indonesia belum ada lomba pidato yang diadakan sepanjang ini. Lombanya diadain dari tahun 2003. Terus sempat nggak diadain sekitar 3 tahun pas pandemi Corona. Lomba pidato ini diadakan dalam 2 kategori, yaitu kategori SMA dan kategori perguruan tinggi. Masing-masing kategori ada 10 orang finalis. Mereka terpilih dari sekitar 80 naskah yang masuk lho. Tahun ini penampilan pesertanya hebat semua. Pasti para jurinya bingung ya.

単語たち

Kunjungan: 訪問

Prefektur: 県

Saling memperekenalkan: 紹介し合う

Booklet: 冊子

Jadwal kegiatan: 式次第、スケジュール

Percetakan: 出版社

Diadain/Diadakan: 開催される

Bingung: 悩む

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。