ジャパネシアの学校「JLC」という「ナゾ組織」について

Hari ke-324 : Kedatangan tamu dari Jepang lagi(日本からまた表敬訪問を受けました)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Minggu kemarin tempat kerja saya kedatangan tamu dari Jepang lagi. Kali ini ada 2 rombongan lho. Rombongan pertama datang dengan tujuan untuk bicarakan hubungan kerja sama. Waktu terima rombongan ini saya jadi pembawa acara dan interpreter dadakan lagi.

Isi pembicaraannya susah banget. Saya sampe kewalahan. Rombongan ke-2 datang dengan tujuan untuk adain seminar. Seminarnya itu tentang 5S di pekerjaan perawatan kereta.

Orang yang jadi pembicara adalah mantan direktur di JR. Kalo di seminar ini saya nggak dapat tugas apa-apa, soalnya udah ada karyawan lain yang jadi interpreter.

Terus kemarin saya ukur tekanan darah, kadar gula darah, dan kolesterol di klinik kampus. Selama 2 minggu kemarin saya kurangi konsumsi makanan dan minuman manis. Nah karena itu, saya berhasil turunin kadar gula darah dari 260 ke 154. Terus kadar kolesterolnya juga sama seperti sebelumnya di sekitar 160. Nah yang jadi masalah adalah tekanan darah hehehe. Ternyata tekanan darah saya naik lagi. Kemarin tekanan darahnya itu naik jadi 155 per 111. Pantes aja daerah belakang kepala saya berat banget. Kali ini perawatnya nawarin obat supaya tekanan darah saya turun. Semoga tekanan darah saya bisa normal ya.

Minggu depan istri saya harus antar Bintang ke Taman Mini Indonesia Indah. Bintang ke TMII untuk karya wisata bareng teman sekelasnya. Nah istri saya perlu sepatu baru soalnya sepatu yang sekarang udah jelek. Minggu kemarin di Indonesia ada libur panjang. Ada libur hari Waisak di hari Kamis, terus ada cuti bersama di hari Jumat, jadi liburnya 4 hari. Mumpung libur saya antar istri beli sepatu di mall. Abis beli sepatu, istri saya ajak makan bakmi. Kami makan bakmi di restoran Bakmi GM. Kayanya restoran ini lumayan terkenal lho. Mereka pake mie yang tipis dan lembut. Mienya lumayan banyak dan rasanya enak banget. Kalian harus coba nih.

単語

Kedatangan: 訪問をいただく
Rombongan: 団体
Hubungan: 関係
Kerja sama: 協力
Pembawa acara: 司会者
Interpreter: 通訳者
Dadakan: 突然の~、いきなりの~
Pembicaraan: 話し合い
Kewalahan: お手上げ状態、やられた状態
Adain/Adakan: 開催する、行う
Perawatan: メンテナンス
Tekanan darah: 血圧
Kadar gula darah: 血糖値
Konsumsi: 消費する
Turunin/Turunkan: 下げる
Belakang kepala: 後頭部
Karya wisata: 修学旅行
Libur panjang: 連休
Hari Waisak: ウェーサーカ祭
Cuti bersama: 一斉休暇
Tipis: 薄い

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。