ジャパネシアの学校「JLC」という「ナゾ組織」について

Hari ke-323:Diskusi mahasiswa yang rame banget(学生の議論がめっちゃ盛り上がった)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Kemarin di kelas presentasi bahasa Jepang, saya minta mahasiswa buat perencanaan presentasi untuk 5 minggu ke depan.

Saya mau mereka buat perencanaan sendiri supaya mereka bisa belajar untuk kelola pembelajarannya sendiri. Terus saya terkesan dengan cara mahasiswa berdiskusi. Ada kelas yang santai, ada kelas yang rajin, dan ada juga kelas yang rame banget. Tapi bagaimanapun prosesnya, mereka akhirnya bisa buat perencanaan untuk presentasi mereka. Selama mereka diskusi, saya putusin nggak ada di kelas bareng mereka supaya mereka bisa ngerasa lebih bebas.

Terus, kemarin akhirnya saya bisa bayar pajak 5 tahun-an motor. Saya ke kantor biro jasa di hari Senin sore. Kantornya tutup sekitar jam 6 sore, nah saya ke sana sekitar jam 5 sore, jadi udah mepet dengan waktu kantornya tutup. Pas di kantor biro jasa, motor saya diperiksa sama petugas. Petugasnya ambil nomor serial dari rangka motor. Ternyata proses pembayaran pajaknya cepat banget. 2 hari kemudian saya dihubungi kantor biro jasa. Mereka bilang prosesnya udah selesai. Nah sekarang saya dapat plat nomor baru. Warnanya putih. Proses bayar pajak 5 tahun-an ini biasa disebut dengan istilah “Ganti Kaleng”. Soalnya kalau udah bayar pajak, plat nomor kita bakal diganti dengan yang baru.

Kemarin saya dan istri sarapan dengan bubur kacang hijau. Bubur Kacang Hijau ini sering disebut dengan istilah Bubur Kacang Ijo. Warung yang jual bubur kacang ijo biasa dibilang “Warung BKI”. Di warung BKI biasanya ada juga bubur ayam, indomie goreng, atau indomie rebus. Kalo di Jepang kayanya bubur kacang ijo nggak ada ya. Tapi waktu di Jepang, ada teman saya dari Taiwan yang makan bubur yang sejenis. Terus kata dia, di Taiwan juga biasa makan bubur kaya gini. Di dalam bubur ini, selain kacang ijo ada juga ketan hitam. Terus bubur ini juga pakai santan kelapa. Kira-kira orang Jepang makan kacang hijau nggak ya? Tolong kasih tahu saya ya.

単語たち

Presentasi: 発表
Kelola: 運営する
Pembelajaran: 学習
Terkesan: 印象的
Santai: のんびりしている
Ngerasa/Merasa: 感じる
Pajak 5 tahun-an: 車検
Mepet: ギリギリ
Diperiksa: チェックしてもらう
Nomor serial: シリアルナンバー
Rangka: フレーム
Plat nomor: ナンバープレート
Kaleng: 缶
Sarapan: 朝ごはん、朝食
Kacang hijau: 緑豆
Sejenis: 一種
Ketan hitam: 黒もち米
Perencanaan: 計画

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。