ジャパネシアの学校「JLC」という「ナゾ組織」について

Hari ke-266 Apa kalian pernah makan buah Konyal?(コニャルを食べたことありますか?)

Halo semua, apa kabarnya? Semua pasti sehat ya. Minggu kemarin saya antar Najmah ke pool bis di dekat rumah. Dia mau pergi dengan bis ke kakak perempuan istri yang ada di Tasikmalaya. Najmah udah selesain ujian akhir di sekolahnya jadi dia udah masuk masa liburan. Saya antar dia ke pool bisnya pagi-pagi.

Kan ini lagi masa mudik, jadi saya pikir bisnya bakal penuh, tapi ternyata kosong. Badan Najmah tergolong besar, jadi dia nggak keliatan kaya anak SMP. Waktu di bis juga dia ditanya gini, “Di Jakarta kuliah di mana neng?” gitu hehe.

Terus, beberapa hari ini di langit Jakarta Timur sering lewat pesawat-pesawat tempur. Mereka terbang relatif rendah, jadi suaranya mesin jetnya kedengaran ke mana-mana. Pesawat-pesawat ini latihan untuk acara ulang tahun TNI AU tanggal 9 April kemarin lho.

Oh ya, pesawat-pesawat itu pakai bandara yang ada di dekat rumah saya. Betul, di Jakarta Timur sebenarnya ada bandara juga lho. Kalian tahu nggak apa namanya? Namanya adalah Bandara Halim Perdanakusuma. Saya pernah pake bandara ini waktu naik pesawat Susi Air ke Pangandaran. 

Terus, kemarin istri saya beli buah yang penampilannya kaya gini. Apa ada yang tahu namanya? Kalau di daerah Jawa Barat, banyak yang sebut buah ini dengan nama Konyal. Ada juga yang sebut dengan nama Markisa. Bagian kulitnya ini agak keras, tapi tekstur buah didalamnya ini lembut banget. Ada bijinya, tapi bijinya ini bisa dimakan. Bagian yang agak transparan itu rasanya manis, nah kalau bijinya agak asem. Penampilannya emang kurang bagus sih, tapi rasanya enak banget lho. Mungkin kalian bisa cari di pasar tradisional. Saya nggak tahu di supermarket ada atau nggak ya?

  • Konyal/Markisa: パッションフルーツ
  • Pool bis: バス車庫
  • Masa liburan: 休み期間
  • Mudik: 帰省、規制する
  • Kuliah: 大学に通っている
  • Lewat: 通る
  • Pesawat tempur: 戦闘機
  • Kedengaran: Terdengar: 聞こえる
  • Penampilan: 見た目、外見
  • Tekstur: 食感
  • Lembut: 柔らかい
  • Biji: 種
  • Transparan: 透明
  • Asem: Asam: しょっぱい

まるごとのインドネシアを

暮らしの中で、つたえられる言葉や文化
JLC会員はすべてのHarinya Japanesiaをフルで観られます

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 が付いている欄は必須項目です

このサイトはスパムを低減するために Akismet を使っています。コメントデータの処理方法の詳細はこちらをご覧ください

\もっとインドネシアを知りたいひとはこちら/

メルマガやSNSでは、インドネシア語学習に役立つ最新情報やコンテンツをお届け!是非チェックしてみてくださいね。